Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar launching sekalian peresmian kegiatan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020 yang berlokasi di siring menara pandang sungai Martapura, Kamis.

Pada kegiatan launching itu hadir Kepala Divisi Teknis KPU RI Ilham Syahputra dan anggota KPU Kalsel Edy Ariansyah dihadiri pula Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakilnya H Hermansyah.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Gusti Makmur mengungkapkan, tahapan Pilwali 2020 sudah resmi digelar, di mana masyarakat diharapkan ikut mengawasi jalannya tahapan ini hingga digelarnya pada 23 September 2020.

"Kita harap, Pilwali 2020 sejak sekarang masyarakat mengetahuinya, hingga terlibat aktif menyukseskannya," ujar Gusti Makmur.

Sehingga, ucap dia, tidak ada pelanggaran yang terjadi baik dari pihak penyelenggara dalam hal ini KPU, maupun peserta Pilkada dalam hal ini para calon.

"Sebab tensi politik pasti akan terus naik hingga hari H Pilwali nanti, sehingga kita harap semua dapat mentaati aturan," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap prestasi yang sudah diraih KPU Kota Banjarmasin, yaitu bisa meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres kemarin juga bisa diterapkan dalam Pilkada 2020 mendatang.

"Prestasi yang diraih oleh KPU Kota Banjarmasin adalah peningkatan partisipasi pemilih sehingga berjalannya pelaksanaan Pemilu Legislatif, Pilpres dan mudah-mudahan juga dalam Pilkada yang akan dilaksanakan serentak pada tahun 2020 mendatang," tuturnya.

Baca juga: KPU Banjarmasin tetapkan syarat dukungan untuk jalur perseorangan

Selain itu, dia juga berharap dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang berjalan dengan lancar dan bisa bersikap jujur untuk menjaga integritas.

"Mudah-mudahan bersikap jujur menjaga integritas dan independensi penyelenggara menjadi jaminan kualitas akan pelaksanaan Pilkada yang akan datang," tutur Ibnu Sina.

Kemudian, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kota Banjarmasin untuk ikut serta dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Mari sama-sama kita sukseskan pelaksaannya dan mudah-mudahan Kota Banjarmasin dapat melaksanakannya dengan damai dan aman," ujarnya.
Baca juga: Antara Kalsel terima penghargaan KPU sukseskan Pemilu
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019