Sekretaris daerah (Sekda) Kotabaru, H Said Akhmad dan Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis menghadiri pelaksanaan pesta laut mappanretasi di Desa Teluk Tamiyang Kecamatan Tanjung Selayar, Kotabaru, Minggu.

H Said Akhmad mewakili Bupati Kotabaru H Sayed Jafar tahun-tahun sebelumnya hadir dalam event rutin tahunan tersebut, meski demikian bupati tetap menyapa dan menyampaikan selamat kepada warganya melalui pidato yang dibacakan Sekda.

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan, pesta laut mapparetasi yang setiap tahun dilaksanakan oleh para nelayan bertujuan untuk memohon kepada Allah Subhanahu Wata'ala agar para nelayan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan.

Event ini sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan keselamatan perolehan tangkapan ikan serta bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah dilaksanakan bertahun-tahun.

Selain itu pesta laut ini juga sebagai perekat silaturahmi antar pemerintah daerah dengan masyarakat nelayan yang ada di Desa Teluk Tamiang, sehingga tercipta rasa kebersamaan dan persaudaraan yang kuat membangun dan berjuang menjadikan Kabupaten Kotabaru semakin maju dan sejahtera.

"Mari bersama-sama kita jaga kegiatan ini agar generasi-generasi penerus kita mengenal tradisi adat istiadat dan budaya daerah sebagai perjalanan sejarah dalam membangun masa depan yang lebih baik," tandasnya.

Kegiatan yang disaksikan ratusan warga sekitar juga dihadiri Camat Tanjung Selayar, sejumlah unsur Forkopinca, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.
 

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019