Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin,19/8 (Antara)- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan segera mengerjakan koneksi pipa besar HDPE 800 mm yang terkena proyek pembangunan "flyover" atau jalan layang di ruas Jalan A Yani Banjarmasin.

Kepala Bagian Humas PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, Siti Nursiah Hajj di Banjarmasin, Senin menyebutkan pekerjaan tersebut akan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa (26-27/8) mulai pukul 09.00 selama 24 jam.

Saat pekerjaan tersebut akan terjadi penghentian total pengaliran air bersih PDAM ke pelanggan wilayah Kecamatan Banjarmasin Timur, Kecamatan Banjarmasin Selatan, serta sebagian wilayah Kecamatan Banjarmasin tengah dan sebagian lagi pelanggan yang berada di wilayah Kabupaten Banjar.

Pengaliran air bersih pelanggan PDAM tersebut akan terjadi normal selama lima hari dari pekerjaan koneksi tersebut selesai, tambah Siti Nursiah Hajj.

Menurutnya, untuk mengantisipasi hal tersebut diharapkan para pelanggan memperhatikannya, dengan mengisi air tempat-tempat penampungan masing-masing di rumah yang diperkirakan mencukupi kebutuhan selama penghentian pengaliran air.

Selain itu, tambahnya, warga bisa pula memesan air PDAM melalui mobil tanki yang bisa menghubungi hotline PDAM setempat, (0511) 3252541 atau telpon (0511) 3258279, katanya lagi.

Pihak manajemen PDAM menyatakan minta maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan pelanggan tersebut, dan itu pun dilakukan karena untuk kepentingan pelanggan kedepan pula.

Sebab bila pipa tersebut tak dipindah kemudian terkena proyek flyover lalu bocor maka 40 ribu pelanggan PDAM tak bakalan memperoleh air bersih, termasuk pelayanan air bersih Rumah Sakit Ulin, Duta Mall, Rumah Sakit Sari Mulya, serta sejumlah hotel.

Pemindahan pipa koneksi tersebut menelan dana Rp15 miliar atas bantuan Pemerintah provinsi (Pemprov Kalsel). 

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013