Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama jajaran Dinas Kesehatan HSS dan para kepala Puskesmas menyambut Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI, bertempat di Aula Dinas Kesehatan HSS.

Kepala Dinas Kesehatan HSS Siti Zainab, di Kandangan, Rabu (16/10), mengatakan ada enam orang surveyor dari Kemenkes RI, yang dibagi menjadi dua tim, satu tim melaksanakan kunjungan ke Puskesmas Kandangan dan satunya Puskesmas Negara.

"Dua tim ini direncanakan melaksanakan kunjungan selama tiga  hari untuk melaksanakan survei, guna Re-akreditasi atau melakukan penilaian kembali kedua Puskesmas tersebut," katanya.

Baca juga: Dua puskemas di HSS terima unit ambulans

Dijelaskan dia, akreditasi Puskesmas adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal oleh Komisioner Akreditasi terhadap Puskesmas, apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.

Di Kabupaten HSS saat ini terdapat 21 Puskesmas yang tersebar di 11 Kecamatan, di mana enam diantaranya merupakan Puskesmas rawat inap, sedangkan yang sudah terakreditasi berjumlah 17 Puskesmas.

Dari 17 Puskesmas tersebut dengan rincian tujuh Puskesmas terakreditasi dasar dan 10 Puskesmas terakreditasi Madya, sementara untuk empat Puskesmas sisanya sudah diajukan akreditasi, dan tahun ini ada dua yang re-akreditasi.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan selamat datang kepada Tim Survei Akreditasi Puskesmas di Kabupaten HSS, serta menyambut positif kegiatan tersebut demi peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas.

Baca juga: Bupati HSS buka penilaian sertifikasi kesesuaian syariah RSUD Kandangan

"Kami dari pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran pada tahun 2019 dan RKA 2020 untuk membenahi fasilitas kesehatan yang ada, semoga kedepan kita dapat semakin meningkatkan pelayanan kesehatan agar lebih nyaman untuk masyarakat,” katanya.

Ketua Tim Surveyor Akreditasi Sri Mukti Suhardini, menyampaikan apa-apa saja yang akan dilakukan selama tiga hari di Kabupaten HSS, dan pihaknya juga mengapresiasi kebijakan-kebijakan Bupati HSS dalam memajukan daerah, khususnya dalam pelayanan kesehatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019