Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS membuka Festival Burung Berkicau Ije Jela digelar di Lapangan Sepakbola 5 Desember Marabahan, Ibu Kota Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan se-Nusantara 2019, Minggu (13/10). 

Menariknya, Lomba Burung Berkicau yang merupakan rangkaian dari Festival Barito Kuala 2019 itu,  selain menyediakan puluhan juta rupiah hadiah uang serta hadiah door prize utama berupa 1 unit mobil Ayla.

Sedangkan untuk kelas Jejangkit Juara 1 sampai 10 disediakan undian sepeda motor Scoopy ditambah uang, trophy dan sertifikat, kelas Bakumpai juara 1 sampai 10 disediakan undian sepeda motor Mio ditambah uang, trophy dan sertifikat, untuk kelas Rumpiang juara 1 sampai 10 disediakan undian kulkas 2 pintu ditambah uang, trophy dan sertifikat. 

Sedangkan untuk kelas Dispora juara 1 sampai 10 mendapatkan uang, trophy dan sertifikat. 

Festival Burung Berkicau yang kedua tahun 2019 di Batola tersebut diikuti sekitar 1.500 kicau mania dari komunitas dan peserta umum se-nusantara seperti dari Jatim, Jateng, Jabar, Kaltim, Kalteng, Kalbar, dan seluruh kabupaten/kota se-Kalsel. 

Pada ajang yang memperlombakan empat kelas yakni Jejangkit, Bakumpai, Rumpiang, dan Ije Jela dengan jenis burung Murai Batu Borneo, Cucak Hijau, Love Bird, Kenari, Kacer, Kambas, Branjangan, Cendet, dan Pleci ini panitia sengaja mendatangkan dewan juri berkaliber nasional yakni 3 orang dari Komunitas Burung Jakarta, 1 orang dari Komunitas Burung Kaltim, serta sejumlah Komunitas Lokal Banjarmasin dan Marabahan.  

Lomba Burung Berkicau diawali penyerahan kunci mobil secara simbolis dari Bupati Hj Noormiliyani kepada Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Disporbudpar Batola Gusti Ruspandi dilanjutkan perlombaan jenis burung Murai Batu Borneo. 

Untuk memulai perlombaan panitia mempersilahkan Komandan Kodim (Dandim) 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto untuk menggantangkan salah satu burung yang ikut bertanding dengan disaksikan Bupati Hj Noormiliyani AS, Pj Sekda H Abdul Manaf, para anggota forkopimda lainnya, Kepala Disporbudpar, para pimpinan SKPD, masyarakat dan peserta lomba. 

Dari perlombaan itu berhasil meraih juara I adalah burung milik Dwi peserta dari Kota Sampit, Kotim, Kalteng dan Dwi berhak menerima hadiah uang Rp10 juta dari Bupati Noormiliyani. 

Saat membuka lomba Noormiliyani sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Festival Burung Berkicau di Batola.

Dia menilai ajang ini sangat positif dalam memupuk persaudaraan, menyalurkan hobby serta mempererat silaturahmi khususnya antar kicau mania, di samping dapat sangat berpengaruh dalam mendatangkan kunjungan wisata dari masyarakat luar.

Mantan Ketua DPRD Provinsi berharap, melalui kegiatan ini akan menumbuhkan spirit dan kreativitas para pecinta burung untuk melakukan pelestarian terutama jenis burung berasal dari Borneo yang tak kalah hebat dari pulau lainnya.

“Yang lebih penting lagi diharapkan dengan lomba ini dapat memperkenalkan keberadaan Batola kepada peserta. Selain itu dapat mengenalkan keramahan sikap masyarakat serta potensi wisata yang ada,”tandasnya. 

Kepala Disporbudpar Batola Gusti Ruspandi mengatakan, maksud digelarnya kegiatan selain untuk memperkenalkan keberadaan Batola kepada para pendatang sekaligus untuk meningkatkan kunjungan wisata.    
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS menyaksikan Festival Burung Berkicau Ije Jela se-Nusantara 2019, di Lapangan Sepakbola 5 Desember Marabahan, Minggu (13/10).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019