Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengajak Pemerintah Kabupaten Tabalong agar bersama-sama Pemkab Tanah Laut mengembangkan lahan pasca tambang yang sudah di reklamasi untuk dijadikan peternakan sapi.

“Pemkab Tanah Laut saat ini berkerjasama dengan PT Arutmin Indonesia mengembangkan program pemanfaatan lahan pasca tambang menjadi peternakan sapi,” ujar Bupati Tanah Laut H  Sukamta pada acara malam ramah tamah kunjungan kedinasan ke Pemkab Tabalong, di Komplek Pendopo Bupati Tabalong, Sabtu malam (12/10).

Menurut dia, hal itu dilakukan  untuk menunjang sektor peternakan di Kabupaten Tanah Laut meskipun saat ini Tanah Laut sudah menjadi penyuplai daging sapi di kabupaten/kota lain di Kalsel,  termasuk ke Tabalong.

Sukamta mengungkapkan, Tanah Laut memiliki target lain dengan pengembangan ternak sapi yaitu,  ingin menyuplai daging sapi ke ibukota baru di Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Untuk itu kami mengajak Pemkab Tabalong memanfaatkan lahan pasca tambang yang ada di wilayahnya untuk dijadikan peternakan sapi, sehingga Tanah Laut  dan Tabalong bersama-sama bisa memenuhi menyuplai daging di wilayah Kalsel dan bisa ke Ibukota baru," ujarnya.

Sementara itu terkait kunjungan kedinasan Pemkab Tanah Laut  ke Pemkab Tabalong, jelas dia, sebagai ajang silaturahmi, menambah keakraban serta kebersamaan kedua daerah.

"Sudah lama kita bicarakan dengan Bupati Tabalong dan saat ini waktunya yang pas. Saya harap nanti Pemkab Tabalong juga akan membalas kunjungan kami ini dan kami sambut dengan senang hati,”unglapnya.

Dia mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab Tabalong yang trelah menyambut kunjungan Pemkab Tanah Laut. 

Sementara itu,  Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan, tradisi saling mengunjungi antara Pemkab Tanah Laut  dengan Pemkab Tabalong  sebuah tradisi lama.

"Sejak saya jadi Kepala Bappeda Tanah Laut dulu kedua Pemkab sering saling mengunjungi dan alhamdulillah di era Pemerintahan Bupati Tanah Laut H Sukamta dan saya sebagai Bupati Tabalong tradisi tersebut masih dijaga," ujarnya.

Anang Syakhfiani menambahkan, Kabupaten Tanah Laut  meruupakan saudara kandung dari Kabupaten Tabalong karena sama-sama berjuang membangun daeeah.

"Pada 2 Desember 1965 Tabalong dan Tanah Laut terbentuk, kita terbentuk dari Undang-Undang yang sama, kita tahu betul perjuangannya bagaimana dalam membangun sebuah kabupaten baru, selama ini kami secara diam-diam juga banyak mempelajari pembangunan dari Kabupaten Tanah Laut," tutupnya.

Dalam kunjungan kedinasan tersebut juga dilakukan pertandingan sepak bola dan futsal, dimana pada pertanding persahabatan itu Tim Futsal Pemkab Tanah Laut  berhasil menang dari Pemkab Tabalong dengan skor 6-3.

Sedangkan pada pertandingan sepakbola Pemkab Tanah Laut  kalah dari tuan rumah dengan skor 3-0,  pada pertandingan antara All Star Tala melawan All Star Tabalong, All Star Tala berhasil mengungguli tuan rumah dengan skor 2-1.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019