Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola), Kalimantan Selatan melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Dasar Lengkap dan Imunisasi Lanjutan Booster, Rabu (9/10). 

Kegiatan berlangsung di Aula Bahalap Kantor Bupati Batola dilaksanakan bersama pemerintah daerah, lintas program dan lintas sektor. 

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel  M Muslim dibuka Bupati Batola melalui Asisten Bidang Kemasyarakatan Akmad Mawarni. 

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui Asisten Bidang Kemasyarakatan Akhmad Mawarni sangat menyambut baik digelarnya pertemuan advovasi dan sosialisasi imunisasi tersebut. 

Dia menilai, kegiatan itu merupakan salah satu langkah dalam menjalankan program pemerintah pusat, khususnya Kementerian Kesehatan sesuai amanat Undang-Undang No.35/2014.

Disebutkan bupati, program imunisasi merupakan salah satu upaya untuk mencapai program Millenium Development Goals (MDGs). 

Dia menerangkan, melalui program MDGs pemerintah berusaha menurunkan angka kematian bayi dan ibu saat melahirkan, meningkatkan angka harapan hidup serta kesehatan keluarga dan masyarakat yang berdampak pada peningkatan produktivitas kerja. 

Menurut bupati, Pemkab Batola sangat memperhatikan kesehatan masyarakat terutama anak-anak. Salah satunya dengan selalu memperhatikan kesehatan dan pertumbuhan anak melalui imunisasi. 

Melalui kegiatan tersebut, dia berharap, menjadi titik awal dalam menyamakan persepsi serta pemahaman bagi seluruh peserta sekaligus untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan. 

Sebelumnya, Kadiskes Provinsi Kalsel M Muslim mengatakan, imunisasi bukan hanya tanggungjawab dan peran dinas kesehatan namun tanggung jawab semua pihak yang terlibat. 

Untuk itu, dia berharap, semua pihak yang terlibat seperti camat, lurah, kades, TNI, termasuk kepolisian hendaknya turut memiliki tanggungjawab dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Agar anak-anak Indonesia ke depan lebih sehat dan kuat serta lebih berkualitas dan produktif. 

Pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Dasar Lengkap dan Imunisasi Lanjutan Bersama lintas program dan lintas sektor yang menghadirkan nara sumber Kadiskes Provinsi  M Muslim dan Kadiskes Batola  Hj Azizah Sriwidari melibatkan para kepala puskesmas, para camat, kades dan lurah se-Batola. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019