Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah Kalimanten Selatan melakukan pemeriksaan terhadap makanan yang dijual di beberapa kantin di lingkungan Markas Polda Kalsel.

"Kami lakukan pemeriksaan ini agar makanan yang dimakan oleh personel ataupun masyarakat yang bertamu ke Polda Kalsel tetap aman," kata Kepala Biddokkes Polda Kalsel Kombes Pol Erwinn di Banjarmasin, Selasa.

Dia mengatakan pemeriksaan makanan dan kantin Polda Kalsel itu untuk menjamin kebersihan, keamanan, kualitas, dan kuantitas makanan agar terbebas dari bahan berbahaya sehingga tidak mengganggu kesehatan personel Polri.

Ia menyebut kegiatan itu dilakukan untuk memeriksa makanan atau "food safety" seluruh makanan siap saji oleh personel Biddokkes, yang dijual di semua kantin di Markas Polda Kalsel.

"Kegiatan 'food safety' Biddokkes Polda Kalsel itu dalam rangka pemeriksaan rutin kantin dan edukasi kesehatan lingkungan di Mapolda Kalsel," ucap perwira menengah Polri itu.

Dia mengatakan ada empat kantin di Markas Polda Kalsel yang dilakukan pemeriksaan makanan pada Selasa,  sekitar pukul 07.30 Wita.

"Masing-masing pemilik warung kami minta menyediakan makanannya yang biasa dikonsumsi personel setelah itu langsung kami periksa dan uji," tuturnya.

Ia mengatakan dari semua makanan yang selesai diperiksa, semuanya aman dan tidak berbahaya untuk di konsumsi.

"Alhamdullilah dengan hasil pemeriksaan tidak didapatkan kandungan yang berbahaya seperti nitrit, sianit, formalin untuk selanjutnya makanan dan minuman yang dijual di kantin Polda Kalsel aman dan layak untuk dikonsumsi," ujar dia.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019