Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) H Harry Wijaya resmi dilantik defenitif menjadi Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk periode 2019--2024.

Pelantikan dan pengambil sumpah jabatan ketua dan wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2019--2024 dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Banjarmasin H Sutarjo SH pada rapat paripurna dewan, Senin.

Harry Wijaya merupakan anggota DPRD Kota Banjarmasin yang baru terpilih pada Pemilu 2019 di Dapil Banjarmasin Timur. Pria yang berusia 32 tahun atau kelahiran tahun 1987 tersebut merupakan Ketua DPC PAN Kota Banjarmasin.

Selain menduduki posisi tinggi di partainya, Harry Wijaya yang pernah sebagai PNS Pemkot Banjarmasin tersebut juga menantu Ketua DPW PAN Provinsi Kalsel H Muhidin, yakni, mantan Wali Kota Banjarmasin periode 2010--2015.

Harry Wijaya juga memiliki keluarga yang sukses di politik, di mana sang ayahnya H Suripno Sumas merupakan anggota DPRD Provinsi Kalsel dan kakaknya H Deddy Supian anggota DPRD Kota Banjarmasin.

Sementara untuk tiga Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin yang mendampingi Harry Wijaya adalah H Muhammad Yamin yang merupakan politisi Gerindra yang sudah dua periode, di mana dia juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Banjarmasin.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin selanjutnya adalah Hj Ananda, dia merupakan mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin sebelumnya (2014--2019), selain itu Srikandi partai Golkar ini juga Ketua DPD Golkar Kota Banjarmasin yang sudah tiga periode ini duduk sebagai legislatif.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin terakhir itu adalah Tugiatno, dia merupakan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sudah dua periode terpilih di Dapil Banjarmasin Timur, dan menjabat Sekretaris DPC PDIP Kota Banjarmasin.

Harry Wijaya mengatakan, setelah dilakukan pelantikan jajaran ketua secara defenitif ini, pihaknya akan secepatnya pula melakukan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Termasuk juga, lanjut dia, pembentukan komisi-komisi.

Menurut dia, hal tersebut harus dilakukan cepat agar semua anggota dewan segeranya bisa berfungsi.

"Insyaallah besok (Selasa) rapat paripurna pembentukan AKD, sehingga tugas kawan-kawan dewan dapat berfungsi dengan baik," tutur Harry.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan apresiasinya terhadap pelantikan defenitif Ketua DPRD Kota Banjarmasin ini.

Dia berharap, tetap terjalin keharmonisan antara pemerintah kota dengan jajaran dewan kota terhadap melalui jajaran pimpinan baru tersebut, agar pembangunan dapat berjalan lancar.

"Selamat bertugas, semoga selalu amanah," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019