Pemerintah kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menggelar tabliq akbar dengan mengundang Habib Soleh dari Jawa Timur untuk mendoakan agar kabupaten HSU  dan Kalsel pada umumnya segera terlepas dari bencana kabut asap.

Habib Soleh bin Hamid Mauladawillah memimpin doa bersama diawali pembacaan syair maulid habsyi.
Habib Soleh bin Hamid Mauladawillah. (Eddy Abdillah)


Meski saat tabliq akbar digelar suasana Kota Amuntai dan sekitarnya masih diselimuti kabut asap tipis pada minggu malam namun masyarakat cukup banyak hadir memadati kawasan bundaran kota tempat acara digelar.

Kegiatan tabliq akbar dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah 1441 Hijriyah dan  pesan serta harapan sekaligus doa bersama agar terhindar dari berbagai bencana.

Bupati HSU Abdul Wahid kembali menyampaikan himbauan kepada jamaah yang berhadir agar menghindari membakar  saat membuka lahan pertanian, termasuk membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan.
 
. (Eddy Abdillah)

Selain itu, dirinya juga menghimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker ketika keluar rumah dan menjaga anak-anak tetap didalam rumah saat kabut asap.

" Ada surar edaran dari dinas Pendidikan dan Kemenag HSU untuk dapat meliburkan para peserta didik selagi masih dalam keadaan darurat kabut asap darurat didaerah kita," kata Wahid.

Bupati menyerukan untuk tetap menjaga silaturahin dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai ujian dan musibah.

"Mari kita berdoa semoga daerah kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT serta terhindar dari segala  bencana," pungkasnya.
 
. (Eddy Abdillah)

Sementara Habib Soleh dalam tausiyah mengajak Kaum Muslimin agar selalu berbaik sangka ditengah musibah, berhenti mengerjakan perbuatan maksiat dan meningkatkan ketaqwaan serta amal soleh.

"Tingkar kesabaran dan tawakal kepada Allah, semoga melalui musibah yang kita alami, Allah mengampuni dosa dan mengangkat derajat kita," katanya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019