Sejumlah Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kuripan, Kubupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan studi tiru ke Desa Pitue Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu dan Minggu (31 Agustus sampai 1 September) 2019.

Kunjungan yang juga diikuti Wakil Bupati (Wabup) Batola, H Rahmadian Noor, Kepala Dinas PMD Dahlan, Camat Kuripan Hamdi, dan sejumlah staf Setda Batola ini terkait pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Rombongan yang ikut dalam kunjungan ini di antaranya jajaran kepala desa se-Kecamatan Kuripan, pengelola CSR dari sejumlah perusahaan seperti PT Adaro Group seperti,  PT Adaro Energy, PT Pama Persada Nusantara, dan PT Buma.

Sedangkan Bumdes yang mendapat kunjungan adalah Bumdes Mattuju yang ada di Desa Pitue Kecamatan Ma’rang,Kabupaten Pangkep, Makassar.

Kehadiran rombongan dari Batola ini diterima Kades Pitue Andi Aminuddin, Direktur Bumdes Mattuju Muhammad Nasrul dan jajaran.

“Tujuan kehadiran kami ke sini dalam rangka pengayaan wawasan para kades di wilayah operasional PT Adaro Gruop yang ada di wilayah operasional Barito Kuala,” ucap Kadis PMD Batola Dahlan.

Kades Pitue, Andi Aminuddin menyampaikan terima kasih kepada rombongan Pemkab Batola yang telah memilih Desa Pitue sebagai lokasi kunjungan studi tiru. Hal senada juga diungkapkan Direktur Bumdes Mattuju Muhammad Nasrul.

Dia menyampaikan materi tentang perkembangan Bumdes Mattuju dalam tiga tahun terakhir terhadap berbagai inovasi produk olahan yang dilakukan seperti pembuatan terasi bubuk dari udang ebi, keripik dan stik dari olahan ikan bandeng, pembuatan minyak goreng dari kelapa, kerupuk ikan.

“Bumdes Mattuju juga menjadikan bekas cucian air beras sebagai campuran pakan ikan dan sebagai pupuk cair tanaman,” tutur Nasrul.  

Baca juga: Bupati tinjau pengembangan budidaya anggur
Baca juga: Batola raih dua gelar Bupati Batola Cup III
Baca juga: Bupati : Pemkab tata wajah Kota Marabahan

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kesediaan dan keramahan pihak Desa Pitue dan para pengelola Bumdes Mattuju menerima kehadiran mereka dalam melakukan studi tiru.

Wabup berharap, dari kunjungan yang dilakukan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Batola, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Kuripan.

Kadis PMD Batola Dahlan mengharapkan, kepada para kades dan rombongan untuk memanfaat kesempatan kunjungan dengan belajar terhadap pengelolaan Bumdes yang ada.

“Jangan sampai kita pulang tidak mendapatkan ilmu, maka dari itu perhatikan dan ambil ilmu yang telah didapat dari Desa Pitue ini,” pintanya.

Usai mengadakan pertemuan, rombongan studi banding Batola ini langsung mengunjungi Kantor Bumdes Mattuju dan Bumdes Mart.
Wakil Bupati (Wabup) Batola, H Rahmadian Noor, Kepala Dinas PMD Dahlan, Camat Kuripan Hamdi, staf Setda Batola dan sejumlah Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kuripan melakukan studi tiru ke Desa Pitue Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu dan Minggu (31 Agustus sampai 1 September) 2019.Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019