Perusahaan batu bara milik PT Borneo Indobara (BIB) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melaksanakan penggalangan donor darah terhadap beberapa karyawan di perusahaan tersebut.

Manager Pemeliharaan pada PT BIB, Didik, di Batulicin, Ahad mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh karyawan perusahaan PT BIB merupakan program rutin yang dilakukan setiap enam bulan sekali.

"Pada periode sebelumnya kami berhasil menyumbangkan darah kepada PMI Cabang Tanah Bumbu sebanyak 200 kantong, dan kali ini kami menargetkan sekitar 250 kantong darah dari berbagai jenis golongan darah," katanya.

Dia menjelaskan, dalam program tersebut pihak perusahaan ingin menjadi pemecah rekor "MURI" 2019 dengan mengumpulkan darah sebanyak 20.000 kantong.

Nantinya darah yang sudah kami kumpulkan akan diserahkan langsung kepada PMI yang selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan darah tersebut.

Menurut didik, banyak manfaat bagi orang yang sering melakukan donor darah secara rutin dan teratur setiap tiga bulan sekali.

Salah satu manfaat tersebut yakni mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko penyakit kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol dan membuat pikiran lebih stabil.

Namun, tidak semua orang dapat melakukan donor darah, sebab calon pendonor darah harus memiliki berat badan minimal 45 kg, suhu tubuh yang normal, tekanan darah 120/80 mmHg, denyut nadi yang teratur, tidak menderita penyakit diabetes dan penyakit menular.

"Alhamdulillah dalam kegiatan ini partisipasi para pendonor berdatangan tidak hanya diikuti oleh karyawan PT BIB, namun dari bermacam-macam profesi salah satunya karyawan PT BAMA dan insha Allah semua karyawan di perusahaan kami sehat semua," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019