Sebanyak 12 peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XIII BPSDM Jawa Timur tahun 2019, berkunjung ke Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Selasa.

Selain menggali berbagai inovasi yang dikembangkan mereka juga ingin mengetahui pelaksanaan program kerja yang telah maupun tengah dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Banjar.
Baca juga: Bupati Tanah Laut pemateri diklatpim IV

Rombongan diterima Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Farid Soufian didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Eddy Elminsyah Jaya.

Kabupaten Banjar menjadi bench marking praktek kegiatan peserta Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan Tingkat III Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur. 
Baca juga: PKK Tanah Laut berkomitmen kurangi penggunaan plastik

Peserta menggali berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan SKPD salah satunya Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar dan mendapatkan penjelasan dari kepala dinas. 

"Dinas Kominfo Banjar memang masih baru dan terbentuk pada 2017 mencakup tiga bidang," ujar Farid Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Eddy Elminsyah Jaya.

Ia mengatakan berbagai program kerja serta pengembangan dilakukan, antara lain penguatan jangkauan internet hingga daerah terpencil karena sebagian perbukitan dan masih banyak daerah blank spot.
Baca juga: Paman Birin semangati peserta Diklatpim IV

Selain itu dijelaskan terkait program pengembangan Smart City Kabupaten Banjar yang terpilih sebagai salah satu daerah dari 100 Smart City di Indonesia.

"Berbagai aplikasi juga kita kembangkan untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan pelayanan masyarakat khususnya dibidang teknologi informasi," ungkapnya.

Kemudian dijelaskan pembangunan Command Center Barokah serta berbagai aplikasi dikembangkan antara lain aplikasi E-Office, Gerakan Masyarakat Berani Lapor (Gemarlap), serta koneksiberbagai aplikasi yang tersebar di sejumlah SKPD.

Rombongan peserta diklatpim Jatim dipimpin Ari Murcono, Kabag Humas Protokol Kabupaten Lumajang yang bertanya pelaksanaan program kerja Dinas Kominfo Banjar dan terkesan capaian yang telah dilakukan.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019