Barabai, (Antaranews  Kalsel) - Salah seorang perwakilan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Ibnu Rusdi yang menjadi juara pertama pada Lomba cabang Tilawah Qur’an katagori tingkat Dewasa akan mewakili lomba tingkat nasional untuk katagori yang sama.

Sebagaimana diketahui, Sesuai dengan keputusan dewan hakim, pelaksanaan STQN ke XIX tingkat Provinsi kalimantan selatan (Kalsel) yang diselenggarakan di kabupaten HSU.
Ibnu Rusdi menjadi juara pertama, sehingga berhak untuk  dikirim ke Bangka Belitung tempat penyelenggaraan STQN tingkat Nasional yang diselenggarakan Agustus.

“Alhamdulillah, ini merupakan sebuah kebanggan karena bisa membawa nama baik HST, “ Kata Ibnu Rusdi.

Qori kelahiran  Mahang Sungai hanyar Kab HST, 10 juli 1986 ini merupakan seorang Guru honorer yang mengajar di tiga sekolah yaitu MAN 2 barabai, MTS Diniyah, dan MTSN Model Barabai dengan mata pelajaran Qur’an hadist dan Baca Tulis Al-Qur’an.

Diterangkannya Sejak kecil,  sudah bercita-cita menjadi seorang Qori’, dan sejak kelas tiga sekolah dasar dia pun belajar dengan seorang guru yaitu Guru H. Syarkawi dari Ayuang  hingga sekarang.

Menurut putra dari pasangan Saberawi dan Damayanti ini, meskipun saat akan mengikuti STQN tingkat Provinsi kemarin terbilang sangat singkat, namun saya dan teman-teman terus berusaha dengan belajar serta berdo’a agar diberi kemudahan saat melantunkan ayat suci Al-Qur’an dihadapan orang banyak.

“Pelaksanaan STQ tahun ini sangat berkesan, selain bisa mewakili HST di tingkat nasional, juga bisa berkumpul dengan alim ulama di seluruh provinsi Kalsel,” ungkapnya.

Ibnu Rusdi yang mempunyai seorang isteri bernama Redha Isnani, AMK, juga sering mendapatkan penghargaan sebagai qori’, sejak tahun 2007 ia sudah mengikuti berbagai perlombaan baik STQ maupun MTQ.

Adapun prestasi yang pernah diraihnya yaitu STQ tingkat remaja di Kotabaru pada tahun 2007 sebagai juara harapan I, MTQ tingkat remaja tahun 2008 di Martapura meraih juara harapan II, STQ remaja di Asrama haji tahun 2009 meraih juara ketiga, MTQ remaja di batola tahun 2010 meraih juara harapan I, STQ remaja di Kabupaten HSS tahun 2011 meraih juara pertama, dan tahun 2012 pada MTQ remaja di tanah Bumbu meraih juara harapan I.

Untuk tilawah tingkat dewasa, yaitu di tahun 2013 ini meraih juara pertama pada STQ di kabupaten HSU dan juga sebelumnya Ibnu Rusdi juga pernah meraih peringkat kedua tingkat Nasional, pada MTQ cabang lomba Syarhil Qur’an di Bengkulu pada tahun 2010 yang lalu.

Selain itu, Qori yang mempunyai hobi bermain badminton ini berharap, para generasi muda di HST khususnya generasi Qur’ani agar bisa lebih bertambah banyak. Karena di HST masih kekurangan qori-qoriah sebagai kader Qur’ani.

“Saya berharap kepada LPTQ HST bisa mencetak kader-kader Qur’ani, karena di tahun 2016 nanti, kabupaten HST menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQN tingkat propinsi, sehingga HST bisa menjadi juara umum nantinya,” harapnya.

 


Pewarta: Fathurrahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013