Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Posko Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat Provinsi Kalimantan Selatan yang semestinya dipusatkan di Kantor Dinas Pendidikan dipindahkan ke gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Pengarah UN Kalsel Ngadimun, Kamis mengatakan, pihaknya menggunakan ruangan di gedung LPMP sebagai posko induk UN Kalsel untuk memantau perkembangan pelaksanaan ujian yang berlangsung sejak Kamis pagi.

"Salah satu ruangan di gedung LPMP dijadikan posko induk dan ruangan aula dijadikan tempat penggandaan naskah soal ujian bagi daerah maupun sekolah yang kekurangan soal dan lembar jawaban," ujarnya.

Ia mengatakan, posko induk itu dijalankan sejak Rabu (17/4) atau satu hari sebelum pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat hingga berakhirnya UN tingkat SMP yang dilaksanakan sejak Senin (22/4) hingga Kamis (25/4).

Menurut Ngadimun yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kalsel itu, posko induk UN di gedung LPMP yang terletak di Jalan Gotong Royong Banjarbaru Utara justru memudahkan pihaknya memantau pelaksanaan UN.

Dijelaskan, jika posko induk di pusatkan Kantor Dinas Pendidikan Kalsel Jalan S Parman Banjarmasin maka menyulitkan panitia mengawasi distribusi soal yang menggunakan transportasi udara di Bandara Syamsudin Noor.

Pasalnya, selain jarak ke Banjarmasin cukup jauh yakni 24 kilometer dari Bandara Syamsudin Noor juga lebih jauh ke tempat pemilahan soal di Kantor Area IX PT Pos Banjarbaru yang berjarak 35 kilometer dari Banjarmasin.

"Naskah soal ujian diangkut pesawat ke Bandara Syamsudin Noor yang berlokasi di Banjarbaru lalu di bawa ke Kantor Area IX PT Pos di Banjarbaru untuk dipilah sebelum di distribusikan," ungkapnya.

Dikatakan Ngadimun didampingi Ketua Panitia UN Kalsel Amka, dekatnya jarak baik antara bandara ke LPMP maupun ke Kantor Area IX PT Pos sangat memudahkan koordinasi juga ada masalah saat pendistribusikan soal.

"Seperti kedatangan naskah soal ujian di bandara, kami bisa langsung memantaunya, begitu juga saat naskah soal di pilah di kantor Pos bisa langsung melihatnya sehingga tidak perlu bolak-balik ke Banjarmasin," ujarnya.

Ditambahkan Amka, pemindahan posko induk UN Kalsel itu sudah diketahui Kemendikbud bahkan Mendikbud juga dilaporkan langsung terkait keberadaan posko induk yang dipusatkan di LPMP Kalsel di Banjarbaru itu.

"Mendikbud saat menghubungi kesiapan UN Kalsel sempat menanyakan di mana posko induk UN dan kami jawab dipusatkan di LPMP Kalsel sehingga menteri langsung mengiyakan tanda mendukung," kata Amka.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013