Puluhan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, melaksanakan pelantikan kenaikan pangkat dari Penggalang ke Penegak, hingga Bantara, dengan mengambil tempat alam terbuka di sisian sungai Desa Binju, kecamatan setempat, Minggu (7/7).

Dijelaskan Seksi Pembinaan Pramuka Kwaran Halong, Selasa (9/7) Muhammad Arifin, bahwa menjadi Pramuka Penegak jauh berbeda dengan saat kita menikmati dunia Penggalang.

"Saat kita berada di jenjang Pramuka Penggalang, kita dibina dengan mekanisme pembinaan yang bertumpu pada kecakapan pembina dan instruktur di lapangan," Ungkapnya.

Pasukan Penggalang paparnya, tidak bisa di lepas dari pembinaan mental dan watak binanya. Sedangkan dalam dunia Penegak di tuntut untuk mampu melakukan proses pembinaan dirinya secara mandiri dengan pendampingan diri orang dewasa (pembina).

"Dunia penegak adalah awal pencarian jati diri yang penuh kejutan kreatifitas dan tantangan nyata menuju pembekalan diri dalam menghadapi realita kehidupan di masyarakat," ujarnya.

Penegak tidak hanya di tuntut untuk mengetahui kemampuan dasar hidup di alam terbuka namun harus menguasai dan mengembangkan diri untuk kepentingan dirinya dan pengabdian di masyarakat, bangsa dan negara.

Kegiatan tersebut di hari oleh angota Kwaran Halong dan Dewan Kerja Ranting (DKR) setempat, serta anggota pramuka lainnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019