Menyambut Tahun Baru Imlek 2562, Lotte Mart, sebuah pusat perbelanjaan grosir di Banjarmasin, Rabu (2/2), menghibur pengunjung dengan atraksi barongsai.

Pertunjukan barongsai hampir satu jam mulai sekitar pukul 15.00 Wita hingga menjelang waktu Ashar itu, bukan saja membuat suasana meriah pusat perbalanjaan grosir di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), juga membuat pengunjung terkesima.

Bahkan ada di antara pengunjung bukan untuk berbelanja, tapi sengaja datang membawa keluarga untuk melihat pertunjukan barongsai yang merupakan hiburan umum secara gratis sekali dalam setahun atau tiap tibanya Tahun Baru Imlek.

Sebagai contoh, Yana dan Nurul, sengaja datang membawa cucunya ke pusat perbelanjaan tersebut untuk melihat kebolehan awak-awak barongsai itu dalam beraksi, terutama dalam perjuangan mendapatkan angpao (ampao).

"Aku sengaja membawa cucu untuk melihat pertunjukan barongsai yang digelar Lotte Mart, karena pergeleran seni budaya bernuansa Tionghoa ini umumnya cuma setahun sekali atau tergolong langka," ujar Nurul, nenek dari satu cucu itu.

Dalam pertunjukan barongsai yang cukup meriah di dalam gedung pusat perbelanjaan itu, hujan lebat pun turun disertai angin kencang, sehingga membuat pengunjung terkonsentrasi ke dalam ruangan.

Selain itu, sejumlah pengunjung yang sedang berbelanja, untuk sementara berhenti dan turut menyaksikan barongsai yang melekuk-lekukkan badan serta melompat-lompat ke sana ke mari dalam ruangan pusat perbelanjaan tersebut.

Sedangkan anak-anak bersorak gembira menyaksikan permainan barongsai, walau saat pertama kali melihat agak takut, seperti halnya Gina (4,5) cucu dari Isna dan Rara (3,6) cucu dari Nurul.

Sementara pengunjung yang mempercayai nilai-nilai tradisional, berpendapat, dengan turunnya hujan saat pertunjukan barongsai sebuah pertanda rezeki bakal melimpah, oleh karena itu pula diantara mereka ada mengasih ampao kepada pelakon seni budaya dari China itu.(SHN*C)

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011