Guna mendukung pertumbuhan dan pengembangan usaha kecil dan mikro (UKM), Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Dinas Perdagangan menggelar pelatihan kewirausahaan.

"Pelatihan itu diikuti oleh 44 UKM yang terdiri dari pelaku usaha kuliner, kios, pengrajin dan herbal instan digelar selama 2 hari dari tanggal 26 Juni 2019 – 27 Juni 2019 di Aula Dinas Perdagangan HST," kata Plt Kepala Dinas Perdagangan, Ali Fahmi, Rabu (26/6).

Dia menuturkan, pelatihan itu didasari atas banyaknya tantangan yang dihadapi oleh UKM di HST, terutama dalam memulai bisnis dan meningkatkan skala bisnis yang dimilikinya.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pelaku usaha UKM di HST," kata Ali.

Dia menjelaskan, melalui pelatihan tersebut dapat memperoleh pengetahuan yang memadai tentang tata kelola administrasi dalam menjalankan usaha, karena  dengan manajemen yang baik, UKM bisa berkembang, bahkan naik kelas menjadi menengah bahkan besar.

"UKM harus bisa membaca peluang pasar dan mengikuti perkembangan dalam hal promosi secara langsung maupun memanfaatkan IT melalui media online," pungkasnya.

Untuk mengisi pelatihan tersebut, lanjut Fahmi pihaknya juga mendatangkan beberapa ahli untuk berbagi pengalaman dan tips dalam mengembangkan usaha.

Saat ini, HST komitmen tidak akan menambang dan dan menggarap perkebunan kelapa sawit, oleh karenanya mantan kepala BPBD itu berharap, UKM dapat mengembangkan usahanya agar HST jadi kiblat UKM, khususnya di Kalimantan Selatan bahkan secara nasional.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019