Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta meresmikan Rumah Dataku, pada rangkaianan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pelaihari , Jumat (21/6).

“Rumah Dataku ini berfungsi menunjang keberadaan Kampung KB, karena menyediakan data kependudukan desa. Bahkan data di rumah ini bisa menunjang segala aspek untuk keberlangsungan Kampung KB,”ujar Bupati Tanah Laut H Sukamta.

Dia berpesan, kepada petugas Rumah Dataku  agar terus melakukan pemuktahiran data karena bermanfaat untuk perencanaan.

"Data ini bisa digunakan bagi orangtua untuk menyiapkan anak-anaknya  sekolah dan kuliah. Untuk usia produktif bisa disiapkan perencanaan keluarga ke depan demi menciptakan keluarga rukun raharja, sehat sentosa harus dirancang dari sekarang ini,"tandas Sukamta.

Dalam kegiatan Mangunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Kampung Baru dimeriahkan dengan Tarian Bali Rejang Renteng, dimana penarinya semua ibu rumah tangga di desa tersebut dan Tarian Rejang Sari, penarinya merupakan  remaja putri.

Selain itu, juga ada fashion show, pesertanya mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga, bapak-bapak dan remaja putri.

Kegiatan lainnya dalam mendukung pelaksanan Manunggal Tuntung Pandang seperti,  pelayanan gratis dari beberapa SKPD Pemkab Tanah Laut untuk warga desa tersebut.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019