Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina melaksanakan solat Ied sekaligus bertindak sebagai khotib menyampaikan khutbahnya di Masjid Darul Hikmah Jalan Cemara Raya, Komplek Perumnas Kayutangi, Banjarmasin Utara, bersama istrinya Hj Siti Wasilah dan keempat putranya.

Sementara Wakil Wali Kota Banjarmasin H Hermansyah melaksanakan solat Idul Fitri di Masjid Jami Sungai Jingah, Banjarmasin Utara. Hermansyah hadir di masjid tertua di Kalsel itu, bersama istrinya Hj Siti Fatimah dan putra putrinya.

Usai melaksanakan Solat Idul Fitri, H Ibnu Sina melanjutkan kegiatannya dengan menyampaikan khutbahnya.
Tema yang diangkat dalam khutbah yang dihadiri ratusan orang jamaah itu tentang Ramadhan Jangan Cepat Berlalu.

Dijelaskanya, yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim adalah ibadah kepada Allah SWT, berlomba-lomba dan bersungguh-sungguh dalam ketaatan serta sesuatu yang Allah SWT ridhai tidak hanya terhenti di Bulan Ramadan saja, atau ketaat tersebut tidak terbatas di waktu-waktu tertentu saja.

“Walaupun Bulan Ramadhan telah usai, namun ibadah kepada Allah SWT tidak mengenal berhenti dan janganlah berlalu seiring berlalunya Bulan Ramadhan,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan tentang puasa enam hari setelah puasa Bulan Ramadhan. Katanya, Allah SWT mewajibkan berpuasa satu bulan penuh di Bulan Ramadhan. Namun ibadah puasa itu tidak hanya terdapat di Bulan Ramadhan saja

“Masih ada puasa-puasa sunnah. Diantaranya puasa sunnah yang paling agung adalah puasa enam hari di Bulan Syawal,” katanya.

Manfaat dan keutamaan puasa enam hari di Bulan Syawal itu, terangnya lagi, diantaranya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas taufik Nya karena telah mampu menyelesaikan puasa di Bulan Ramadhan, kemudian mensyukuri taufik dibimbing menuju ketaatan dan ketaatan setelah Bulan Ramadhan.

“Oleh karena itu, dalam rangka syukur kepada Allah SWT hendaknya kitabersegera menunaikan puasa enam hari di Bulan Syawal,” ucapnya.

Usai melaksanakan solat ied, kedua pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini menggelar open house di rumah jabatannya masing-masing.

Kegiatan open house tersebut, selain dihadiri para kepala SKPD dan jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, juga nampak hadir alim ulama, komunitas dan masyarakat umum.

Kegiatan lain yang dilaksanakan H Ibnu Sina di hari raya pertama ini adalah mengunjungi Kapolda Kalsel dan Danrem 101 Antasari.

Wakil Wali Kota Banjarmasin H Hermansyah mengatakan, kegiatan halal bihalal yang mereka laksanakan di rumah jabatan itu bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan, dan persatuan.

“Jadi bila sebelumnya saat menghadapi pemilu sampai penghitungan suara mungkin ada perpecahan atau ada hubungan yang kurang baik, nah ini momentum halal bi halal ini merekatkan kembali rasa persaudaraan dan rasa persatuan, itu yang utama,” katanya.

Dan dalam kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan Selamat hari raya Idul Fitri 1440 kepada seluruh masyarakat Kota Banjarmasin.

“Atas nama pribadi dan atas nama keluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1440 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin, mari kita kembali ke hakikat kita, tidak ada persoalan-persoalan antar sesama manusia, sesama warga Kota Banjarmasin, mari bersatu seperti saudara,” pungkasnya

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019