Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Habib Hafizi Al Habsyi, satu-satu habib yang dipastikan akan duduk di parlemen atau DPRD Kabupaten HST mewakili Daerah pemilihan I Kecamatan Barabai, Batu Benawa dan Hantakan.

"Sesuai janji kampanye, yang paling utama kita usahakan saat di dewan nanti adalah program khusus manambah lagi manfaat di bidang keagamaan," katanya saat ikut buka puasa bersama Pengurus KAHMI dan HMI Cabang Barabai di rumah Koordinator Presidium KAHMI HST sekaligus Kadisdukcapil HST, Abu Yazid Bustami, Sabtu (25/5) di Barabai.

Menurutnya, guru ngaji atau guru TPA saat ini masih banyak yang tidak mendapatkan perhatian pemerintah dan honornya juga masih sangat kecil serta dibayar cuma tiga bulan sekali.

"Kondisi seperti ini, membuat miris hati kita semua. Padahal mereka para guru itu yang lebih dulu membuat anak-anak kita bisa mengaji dan mengenal al-qur'an, sebagai pondasi dan panutan mereka hidup di dunia maupun akhirat," katanya.

Bersama-sama teman di DPRD nanti, dia berjanji akan berusaha memperjuangkan masalah itu, karena masih banyak guru ngaji atau TPA yg belum masuk dalam pemberian insentif dari Pemkab HST.

"Kami yakin, guru ngaji itu sangat berjasa di kehidupan kita, tanpa mereka, kita tak akan bisa membaca al-qur'an," katanya.

Berikutnya adalah akan berupaya meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan pondok-pondok al-qur'an maupun pesantren di daerah-daerah pedalaman HST.

"Menurut kami, masih banyak juga pondok-pondok pesantren atau pun para ustadz-ustadz yang mengembangkan syiar keisalaman di daerah pedalaman yang belum mendapatkan perhatian pemerintah, padahal mereka juga turut berjuang di bidang keagamaan," kata Habib yang baru saja dikaruniai seorang putri itu.

Dia menambahkan, akan konsisten selalu mendatangi warga setiap tiga bulan untuk mendengarkan apa-apa yang menjadi permasalahan di dapilnya.

"Rumah kita juga selalu terbuka untuk menerima warga jika ada sesuatu masalah yang memerlukan pertolongannya," kata Habib.

Ketua KAHMI HST, Abu Yazid Bustami menambahkan, program-program yang diwacanakan oleh Habib tersebut perlu mendapatkan dukungan semua pihak.

Karena menurutnya, sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat Bumi Murakata, khususnya di bidang keagamaan.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019