PNM ajak nasabah unggulan #CariTauLangkahBaru usaha daur ulang

PNM ajak nasabah unggulan #CariTauLangkahBaru usaha daur ulang

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) mengadakan kembali program studi banding lanjutan terkait daur ulang sampah yang dapat menghasilkan keuntungan

Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) mengadakan kembali program studi banding lanjutan terkait daur ulang sampah yang dapat menghasilkan keuntungan.

Studi banding bertemakan #CariTauLangkahBaru ini diadakan di Sari Timbul Glass Factory, Tegallalang, Bali pada 11 - 13 Juni 2024. Studi banding itu diikuti oleh 16 nasabah Mekaar yang merupakan ketua kelompok unggulan dari berbagai daerah, di antaranya Kalimantan, Wonogiri, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Mojokerto, Probolinggo, dan Magelang.

Sebagai informasi, Sari Timbul Glass Factory merupakan usaha milik I Gede Rediawan, nasabah binaan PNM dalam program UlaMM (Unit Layanan Modal Mikro) yang telah sukses mendatangkan pembeli kerajinan limbah kacanya dari berbagai wilayah di mancanegara. Ia pun memberikan kesempatan bagi nasabah PNM Mekaar untuk menampilkan produk di pabrik miliknya yang sering didatangi wisatawan mancanegara.

Silahkan ibu-ibu yang ingin menaruh produk di kita karena harapan saya bisa mengembangkan produk UMKM bersama-sama, ujar Rediawan.

Pemimpin Cabang PNM Denpasar Leonardus Yosi Tyas Himawan berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah inspirasi baru yang bisa mendatangkan ide kreatif guna mengembangkan usaha daur ulang.

Ibu-ibu semua dapat bertanya dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan studi banding ini. Semoga kita semua dapat membawa pulang pengalaman yang berharga dan inspirasi baru untuk diterapkan di kelompok masing-masing, tutur Yosi.

Dibimbing oleh I Gede Rediawan dan Ibu Madinah sebagai Nasabah PNM Mekaar Unit Kuta Selatan, seluruh peserta membuat kerajinan dari limbah kaca yang didaur ulang dengan dipanaskan dan dibentuk ulang menjadi vas bunga. Selain itu, ada kerajinan lain dari limbah bulu ayam, bebek, dan angsa yang dibentuk seperti jaring berbentuk lingkaran dengan nama dream catcher.

Pelaksanaan Studi Banding sudah dilakukan sejak tahun 2022 dengan menghasilkan sekitar 200 lebih nasabah yang mendapatkan pembekalan khusus sesuai sektor usahanya masing-masing. #CariTauLangkahBaru merupakan cara baru untuk pengembangan usaha nasabah pada masing-masing sektor usaha, melalui kegiatan studi banding yang disuguhkan PNM. Tujuannya agar nasabah mampu mengembangkan usahanya dengan cara yang berbeda seperti pemberdayaan yang biasa dilakukan.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024