Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga yang telah lolos verifikasi persyaratan administrasi pengajuan kredit program hunian DP Rp0 memberikan apresiasi terhadap program yang dijalankan oleh Pemprov DKI Jakarta tersebut.

"Sangat membantu sekali program (hunian) DP Rp0 ini," kata Andre saat ditemui di Klapa Village, Jakarta, Senin.

Andre yang bekerja sebagai karyawan swasta itu datang untuk menyerahkan sejumlah persyaratan guna mengajukan permohonan kredit dan pemilihan unit hunian DP Rp0.

Baca juga: 220 pendaftar ajukan permohonan kredit rumah Dp Rp0 hari pertama

"Tadi baru verifikasi pengajuan kredit belum akad. Nanti pengumuman dari Bank DKI diterima atau enggak," ujarnya.

Ia mengaku sudah menentukan unit serta tenggat waktu cicilan yang akan diambil. Meski demikian, dia berharap ke depannya agar kuota dari hunian DP Rp0 bisa ditambah.

"Untuk ke depannya kuotanya lebih ditambah aja karena sekarang masih terbatas," ujarnya.

Apresiasi juga dilontarkan oleh salah satu warga bernama Inggrid. Dia mengatakan bahwa penyerahan persyaratan pengajuan kredit hunian DP Rp0 tidak sulit.

Baca juga: DPRD DKI minta ada pengawasan rumah DP Rp0

"Enggak ada kesulitan, sih. Saya masuk, terus langsung menyerahkan dokumen yang dilengkapi KK, NPWP, dan KTP DKI Jakarta," kata Inggrid.

Menurut dia, lokasi hunian DP Rp0 sangat strategis karena dekat dengan sekolah dan juga akses transportasi untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Pantauan ANTARA di lokasi, warga yang datang menyerahkan persyaratan pengajuan kredit dilayani oleh tim yang terdiri atas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Pemerintah Provinsi DKI, Perumda Pembangunan Sarana Jaya, dan Bank DKI.

Baca juga: 1.790 orang pemohon program Samawa rumah DP Nol Rupiah

Sebelumnya, sebanyak 1.790 warga DKI Jakarta dinyatakan lolos verifikasi yang kemudian melanjutkan ke tahap selanjutnya berupa pengajuan kredit.

Proses kredit ini dilakukan di hunian DP Rp0 mulai dari 27 Juli hingga 4 Agustus 2019, pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019