Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Polda Metro Jaya membantah bahwa mereka menargetkan komedian senior Tri Retno Prayudati (Nunung Srimulat) dalam kasus yang menjeratnya hingga membuat yang bersangkutan jadi pesakitan.

"Kami (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya fokus terhadap penindakan, pengungkapan kasus narkoba khususnya bandar dan penyalahgunaan narkoba. Kami tidak menyasar, menarget profesi tertentu atau oknum tertentu terkait kejadian ini," kata Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Baca juga: Komedian Nunung ditangkap polisi terkait penyalahgunaan narkoba

Baca juga: Pesan sabu 10 kali dalam tiga bulan, pemasok Nunung diburu polisi

Baca juga: Butet Kartaredjasa sayangkan penyalahgunaan narkoba pada seniman


Calvijn menyebutkan bahwa dalam kasus ini pihaknya terlebih dulu mendapatkan informasi masyarakat mengenai jaringan Hadi Moheriyanto (HD alias TB) dan setelah dilakukan pendalaman ternyata informasi yang didapatkan bahwa di rumah Nunung di Jalan Tebet Timur III, sering dilakukan penyalahgunaan narkotika.

"Kami lakukan pendalaman. Pada saat itu kami lihat tersangka TB telah menyerahkan suatu barang di luar pagar, kami tidak tahu rumah milik siapa dan diberikan kepada siapa," ucap Calvijn.

Berangkat dari hal itu, pada saat selesai transaksi, lanjut Calvijn, pihaknya melakukan pembuntutan terhadap TB dan melakukan penangkapan serta penggeledahan yang membuahkan temuan berupa ponsel dan uang Rp3,7 juta di dompet TB.

"Awalnya gak ngaku uang apa dan mengakui bahwa ini penyerahan perhiasan, dari sini kami tertarik mendalami penyidikan tim di lapangan," ucap Calvijn.

Berangkat dari hal tersebut, anggota Subdit 1 Ditresnarkoba lainnya, akhirnya melakukan penggeledahan terhadap rumah tersebut.

"Dan pada saat masuk, ditemukan saudara JJ (July Jan Sambiran) usai terlebih dahulu setelah ditemukan ART-nya. Dan di sini, kami temukan kegiatan yang kurang kooperatif yakni barang diserahkan sudah diakui bahwa barang narkoba sabu dua gram yang dibeli sempat digunting dan dibuang ke dalam kloset sementara yang ketemu adalah sisa sudah dipakai mereka berdua, JJ dan NN (Nunung)," ucapnya.

Hal tersebut, kata Calvijn merupakan upaya menghilangkan barang bukti oleh para tersangka dengan tujuan mengelabui petugas dengan membuat pengakuan bahwa mereka hanya membeli perhiasan.

"Kami tanya perhiasan apa, harga berapa, tidak bisa disampaikan. Pada saat digeledah, akhirnya mengaku baru pakai narkoba dan barang buktinya dibuang ke dalam kloset, setelah kami geledah lagi, ditemukan 0,36 gram sabu," ucap Calvijn.

Hingga saat ini, kata Calvijn pihaknya masih mendalami jaringan atau skema dari sindikat TB yakni melakukan pengejaran pada DPO E di Bogor.

"Pendalaman apakah ada keterlibatan lain terhadap jaringan E dan TB, mungkin juga terhadap NN dan JJ. Ini masih kita dalami termasuk pengakuan NN dan JJ bahwa mengkonsumsi sejak 20 tahun lalu itu sudah kami tuangkan di BAP," ucap dia.

Nunung ditangkap oleh Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada Jumat (19/7) lalu bersama suaminya July Jan Sambiran di kediamannya di Jalan Tebet Timur III setelah melakukan transaksi dengan seorang pemasok narkotika Hadi Moheriyanto yang ditangkap di lokasi yang sama.

Dari kediaman Nunung dan suaminya, polisi mengamankan barang bukti berupa satu klip sabu seberat 0,36 gram, dua klip kecil bekas bungkus sabu yang telah digunakan, dan tiga sedotan plastik. Polisi juga mengambil barang bukti berupa satu sedotan plastik sendok sabu, satu bong, korek api gas, dan empat ponsel.

Nunung dan suaminya mengaku menggunakan sabu sejak lima bulan lalu. Alasannya, untuk menambah stamina saat bekerja.

Mulai hari Senin ini, ketiga tersangka resmi ditahan di Ruang Tahanan Narkoba Polda Metro Jaya.

"Mereka dikenakan Pasal 114 Ayat 2 Subsider Pasal 112 Ayat 2 Jo Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Ancamannya di atas lima tahun penjara," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di lokasi yang sama.

Baca juga: Nunung ucapkan terima kasih telah terselamatkan dan mohon maaf

Baca juga: KPAI prihatin anak bungsu Nunung alami perundungan di sekolah

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019