Melalui PMB lokal, UIN Ar-Raniry terima 1.200 mahasiswa baru

Melalui PMB lokal, UIN Ar-Raniry  terima 1.200 mahasiswa baru

Salah satu peserta sedang mengikuti ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (20/7/2019). (FOTO ANTARA/HO-Humas UIN Ar Raniry).

Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, Provinsi Aceh,  akan menerima sebanyak 1.200 mahasiswa baru melalui jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal tahun 2019 di kampus itu.

"PMB Lokal merupakan jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru di UIN Ar-Raniry dan kita terus melakukan pembenahan dan perbaikan untuk penerimaan mahasiswa melalui jalur terkahir ini," kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin di Darussalam, Banda Aceh, Sabtu, sela-sela meninjau pelaksanaan ujian PMB Lokal yang berlangsung di lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry pada Sabtu.

Didampingi Wakil Rektor I, Dr Gunawan serta pejabat di lingkungan perguruan tinggi itu, ia menyebutkan PMB Lokal UIN Ar-Raniry yang dipusatkan di kampus perguruan tinggi negeri tersebut diikuti sebanyak 5.083 peserta, yang terdiri atasi jurusan IPA, IPS dan campuran.

Menurut dia jurusan ekonomi syariah, perbankan syariah dan Bahasa Inggris menjadi program studi yang paling banyak dipilih oleh peserta ujian yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry, Gunawan mengatakan minat lulusan SMA/sederajat di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu untuk melanjutkan studi di PTKIN tersebut sangat tinggi.

"Alhamdulillah hingga penerimaan jalur terakhir UIN Ar-Raniry ada sebanyak 5 ribuan peserta yang mendaftar untuk menjadi salah satu mahasiswa di kampus ini," katanya.

Menurut dia untuk jalur tersebut pihaknya akan menerima sebanyak 1.200 orang dari berbagai program studi sehingga diperkirakan setiap orang akan bersaing dengan lima orang lainnya agar bisa mendapat satu posisi pada program studi (prodi) yang dipilih oleh masing-masing peserta.

Baca juga: Mahasiswa UIN Ar-Raniry tolak kompetisi U-17 puteri

Baca juga: UIN Ar-Raniry gelar seminar komunikasi antar budaya di Asia

Baca juga: Rektor: Peminat UIN Ar-Raniry jalur UM-PTKIN sebanyak 13.386
Pewarta : M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019