Rinciananya masing-masing untuk program studi sains dan teknologi (saintek) ada 33.987 pendaftar dan untuk sosial-humaniora (soshum) ada 21.884 pendaftar
Malang (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) menempati posisi pertama sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling diminati di Indonesia dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 dengan jumlah peminat sebanyak 55.871.

"Jumlah tersebut dengan perincian masing-masing untuk program studi sains dan teknologi (saintek) ada 33.987 pendaftar dan untuk sosial-humaniora (soshum) ada 21.884 pendaftar," kata Wakil Rektor I Universitas Brawijaya Prof Dr Aulanni'am di Malang, Jumat.

Ia mengemukakan untuk tahun ini UB juga menempati posisi pertama pendaftar terbanyak jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Pendaftar SBMPTN dan SNMPTN UB terbanyak di Indonesia. Siswa dari seluruh Indonesia, selain sudah kenal dengan UB, jumlah fakultas di UB juga banyak. Selain itu, suasana dan lingkungan Kota Malang, khususnya di UB juga mendukung untuk semua kalangan ekonomi," katanya.

Aulani'am menjelaskan bahwa untuk SBMPTN tahun ini nilai yang diambil murni dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Berbeda dengan universitas lain yang mungkin menyediakan kriteria lain untuk daftar SBMPTN.

"Di UB, nilai 100 persen diambil dari UTBK dan tidak ada kriteria lain seperti portofolio prestasi," katanya.

Pada SBMPTN tahun ini, untuk program studi saintek daya tampung (kuota) yang ditetapkan sebanyak 3.627 dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama 18.423 pendaftar dan pilihan kedua 15.564 pendaftar.

Sedangkan untuk sosial-humanira daya tampung mencapai 1.988 dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama 12.580 dan pilihan kedua 9.304 pendaftar.

Sedangkan untuk prodi paling diminati pada SBMPTN kali ini adalah Ilmu Hukum (2.584), Agroteknologi (2.202), Peternakan (1.734), Ilmu Administrasi Bisnis (1.598), dan Pendidikan Dokter (1.468).

Sementara itu, untuk jalur mandiri, UB menetapkan kuota 30 persen dari jumlah total mahasiswa baru yang diterima.
Untuk lebih meningkatkan kualitas, selain tes tulis, tahun ini UB memberikan kriteria lain berupa portofolio prestasi bagi pendaftar jalur mandiri.

"Persyaratannya yang lain bisa dilihat di website selma UB. Untuk informasi lengkap mengenai seleksi mandiri bisa dilihat di www.selma.ub.ac.id.," demikian Aulanni'am.

Baca juga: Ratusan calon mahasiswa Universitas Brawijaya tak registrasi

Baca juga: Sekolah yang siswanya lolos SBMPTN tapi tak daftar ulang terancam blacklist

Baca juga: Universitas Brawijaya buru peringkat lima PTN terbaik

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019