Kapal kontainer tol laut kunjungan perdana ke Gunungsitoli

Kapal kontainer tol laut kunjungan perdana ke Gunungsitoli

Kapal kontainer KM Kendhaga Nusantara 2 program tol laut kunjungan perdana ke Pelabuhan Gunungsitoli, Sumatera Utara. (ANTARA/Irwanto)

Gunungsitoli (ANTARA) - Kapal kontainer KM Kendhaga Nusantara 2 program tol laut melakukan kunjungan perdana di Pelabuhan Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara.

General Manager PT Pelindo I Cabang Gunungsitoli Jonni Sitompul di Gunungsitoli, Kamis, mengatakan kunjungan kapal kontainer program tol laut KM Kendhaga Nusantara 2 di Pelabuhan Gunungsitoli itu merupakan kunjungan perdana.

"Kapal tol laut ini mengangkut muatan 100 kontainer dan berkunjung atau membuka rute ke Pelabuhan Gunungsitoli berkat kerja sama PT.Pelindo dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli," katanya.

Sebelum kunjungan kapal kontainer tol laut itu, PT Pelindo Cabang Gunungsitoli mendatangi Wali Kota Gunungsitoli untuk pengusulan kapal tol laut dan hasilnya mendapat sambutan yang baik.

Ia menjelaskan Wali Kota Gunungsitoli langsung ke Kementerian Perhubungan untuk meminta agar kapal tol laut membuka rute di Pelabuhan Gunungsitoli.

"Kunjungan kapal tol laut KM Kendhata Nusantara 2 merupakan yang pertama dan kita berharap terbukanya rute tol laut di Pelabuhan Gunungsitoli dapat memacu disparitas harga dan meningkatkan perekonomian di Pulau Nias,' ujarnya.

Ia menyampaikan untuk memajukan program tol laut diperlukan peran pemerintah daerah di seluruh Kepulauan Nias.

Pemerintah daerah se-Kepulauan Nias harus mampu mengajak para pedagang yang selama ini menggunakan kapal roro mengangkut barang dari Pelabuhan Sibolga ke Gunungsitoli beralih menggunakan tol laut.

Sebaliknya, katanya, pedagang yang mengangkut komoditi daerah dari Gunungsitoli ke Sibolga menggunakan kapal roro dapat beralih menggunakan tol laut dan menjual komoditi daerah di Padang, Sumatera Barat.

"Kita berharap semua pedagang di Pulau Nias menggunakan tol laut yang pasti lebih murah ongkosnya karena disubsidi, dan rute tol laut adalah Teluk Bayur, Sinabang, Gunungsitoli, dan kembali ke Teluk Bayur selama sembilan hari," katanya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gunungsitoli Muhammad Ilyas menyambut baik kedatangan kapal tol laut KM Kendhata Nusantara 2.

"Kita menyambut baik kedatangan kapak tol laut KM Kendhata Nusantara 2, semoga dengan dibukanya rute tol laut di Pelabuhan Gunungsitoli, ekonomi masyarakat Pulau Nias dapat meningkat," katanya.

Baca juga: Akhir Juni, kapal tol laut masuk lagi Pelabuhan Tahuna
Baca juga: Tol Laut perlu dikembangkan tak sebatas pengoperasian kapal
Baca juga: Menambah armada kapal untuk tingkatkan konektivitas

 
Pewarta : Juraidi dan irwanto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019