Jakarta (ANTARA) - Ajang wisata olahraga Bintan Triathlon 2019 di Bintan, Kepuluan Riau, yang juga dihadiri wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara menawarkan beragam rangkaian kompetisi penuh tantangan kepada para pesertanya.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa Bintan Triathlon menghadirkan banyak peserta dari berbagai negara sehingga menjadi ajang yang sangat efektif untuk Kementerian Pariwisata mempromosikan pariwisata.

“Pada tahun ini, target wisman yang akan hadir sebanyak 4.000 orang. Perinciannya, target peserta sebanyak 1.300 orang, sedangkan sisanya adalah keluarga para peserta dan anggota timnya,” katanya.

Pada tahun 2017, jumlah peserta event dengan kemasan sport tourism itu mencapai 1.300 orang dari 37 negara.

Pada tahun 2018, jumlah peserta juga mencapai 1.300 orang. Namun, jumlah negara yang berpartisipasi bertambah tepatnya sebanyak 49 negara.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty mengatakan bahwa Bintan Triathlon memiliki event yang sangat menyenangkan untuk keluarga bertajuk Fun Duo Race Challange.

Kegiatan ini mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer hingga finis.

"Kalau yang family sport ini banyak diikuti oleh peserta dari negara Singapura, Australia, Cina, dan lainnya," jelas Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar.

Kategori lain yang dilombakan adalah Olympic Distance meliputi etape berenang sepanjang 1,5 kilometer, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan berlari sejauh 10 kilometer.

Kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer, dan berlari sejauh 3 kilometer.

Selanjutnya, Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer, dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019