Arus balik Lebaran di Tanah Bumbu masih sepi

Arus balik Lebaran di Tanah Bumbu masih sepi

Ilustrasi aktivitas di Pelabuhan Batulicin (ANTARA/Sujud)

Tanah Bumbu (ANTARA) - Arus balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Pelabuhan Batulicin, di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, hingga saat ini masih sepi. Hingga petang hari ini, belum ada lonjakan jumlah penumpang secara signifikan.

Kepala PT DHarma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin, Jamarin, Sabtu, mengatakan, hingga saat ini PT DLU belum melayani pelayaran kapal untuk penumpamng arus balik, atau dari luar daerah menuju Tanah Bumbu, sehingga di pelabuhan samudera itu masih sepi.

"Pihak manajemen akan menjadwalkan pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur menuju Pelabuhan Samudra Batulicin pada 12 Juni menggunakan kapal Kirana IX dengan kapasitas penumpang mencapai 1.600 orang," kata Jamarin.

Manajemen PT DLU Cabang Surabaya telah mencatat calon penumpang yang sudah membeli tiket untuk pelayaran tersebut sudah mencapai 180 orang, dan ada kemungkinan saat pelayaran hanya mencapai 200 penumpang..

Diperkirakan lonjakan arus balik Lebaran yang menggunakan jalur laut dari Surabaya-Batulicin akan terjadi 12 hari setelah hari Raya Idul Fitri.
Terlebih saat itu libur panjang sudah berakhir, sehingga masyarakat yangf menghabiskan masa liburanya di kampung halaman juga sudah pulang ke tempat tugas, begitu juga dengan anak sekolah sudah kembali untuk persiapan masuk sekolah.
Pewarta : Imam Hanafi/Sujud Mariono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019