Kementerian Perhubungan, khususnya Dirjen Perhubungan Laut memberikan peluang bagi daerah yang ingin mengelola pelabuhan di wilayah kepulauan
Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kepala Kantor Pelabuhan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Mocodompis Muhaling mengatakan, belum ada keputusan yang diambil oleh pemerintah daerah mengenai pengelolaan pelabuhan di wilayah kepulauan.

"Pemerintah Kabupaten Sangihe belum mengambil keputusan mengenai pengelolaan pelabuhan di wilayah kepulauan," kata Mocodompis Muhaling di Tahuna, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan, khususnya Dirjen Perhubungan Laut memberikan peluang bagi daerah yang ingin mengelola pelabuhan di wilayah kepulauan.

Menurut dia, kalau Pemerintah Kabupaten Sangihe bersedia maka ada beberapa pelabuhan yang bisa dikelola oleh pemerintah daerah.

Ditegaskannya lagi bahwa hingga kini Pemerintah Kabupaten Sangihe belum memberikan keputusan apakah mengambil alih pengelolaan pelabuhan atau tidak.

"Sampai saat ini belum ada keputusan yang diambil oleh pemerintah daerah sebab masih dalam pengkajian ," kata dia

Pemerintah daerah saat ini sementara melakukan kajian terhadap peluang ini sebelum memberikan keputusan.

"Dinas Perhubungan Sangihe saat ini sedang melakukan kajian untuk dijadikan landasan pengambilan keputusan oleh pemerintah daerah," demikian Mocodompis Muhaling.

Baca juga: Menhub resmikan 12 pelabuhan di Tahuna

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019