Umat Budha di Makassar bagi-bagi takjil ke pengguna jalan

Umat Budha di Makassar bagi-bagi takjil ke pengguna jalan

Umat Budha pada Pusat Pelatihan Meditasi Arama Maha Buddha Kota Makassar berbagi takjil gratis Jalan Poros Tanjung Bunga, Makassar, tepat di depan Pusat Pelatihan Meditasi Arama Maha Buddha, Minggu (2/06/2019). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Umat Budha Pusat Pelatihan Meditasi Arama Maha Buddha Kota Makassar membagi-bagikan takjil gratis ke pengguna jalan sebagai wujud dari sikap toleransi antar umat beragama.

Sebanyak 1.040 paket takjil diberikan kepada pengguna jalan yang melewati Jalan Poros Tanjung Bunga, Makassar, tepat di depan Pusat Pelatihan Meditasi Arama Maha Buddha, Minggu.

"Hari ini kami gelar bagi-bagi takjil kepada saudara-saudara kita umat Muslim. Kebetulan agenda bagi takjil ini dilakukan setiap hari Minggu. Dan ini hari terakhir selama Ramadhan ini," ungkap Kepala Pusat Pelatihan Meditasi Arama Maha Buddha Kota Makassar, Bhante bhadramitra di Makassar.

Biksu Bhante sapaannya, mengaku kegiatan ini merupakan kali pertama yang digelar pada Ramadhan 1440 Hijriah, dan rencananya bakal menjadi agenda tahunan untuk umat Budha setempat.
Foto bersama umat Budha pada Pusat Pelatihan Meditasi Arama Maha Buddha Kota Makassar usai berbagi takjil gratis Jalan Poros Tanjung Bunga, Makassar, tepat di depan Pusat Pelatihan Meditasi Arama Maha Buddha, Minggu (2/06/2019). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah


Selain sebagai bentuk toleransi, umat Budha bertujuan berbagi kebahagiaan kepada umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa. Sehingga pada proses bungkus hingga pembagian dilakukan langsung oleh umat Budha setempat.

"Soal dana takjilnya dari umat Budha sekitar sini dan para pengurus, kita sama-sama packing dan bungkus plastik agar tidak jatuh," katanya.

Untuk jumlah takjil yang dibagi setiap Minggunya, Biksu Banthe menyebutkan jumlahnya beragam, kurang dari 1000 paket hingga lebih dari 1000. Tujuannya untuk saling menghormati antar umat beragama.

Kegiatan serupa, kata Biksu Banthe juga digelar di beberapa daerah selain Makassar di beberapa tempat ibadah umat Budha.

"Yang pastinya, sebagai warga negara Indonesia, kita harus saling menghormati juga berbagi kebahagiaan kepada saudara-saudara kita, siapapun itu, termasuk umat Muslim," jelasnya.

Baca juga: Menu Ramadan - Es Keju Pelangi

Baca juga: Resep es teler tart, modifikasi es teler jadi kue

Baca juga: Resep pai kolak pisang
Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019