Banjarmasin (ANTARA) - Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Polresta Banjarmasin saat ini mulai memperketat pengamanan dan pengawasan untuk menjamin kelancaran arus mudik bagi para pemudik yang menggunakan jalur laut melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

"Setiap pemudik yang ada di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin selalu kami lakukan pemeriksaan saat ingin masuk ke ruang tunggu pelabuhan,"  kata Kapolsek KPL Polresta Banjarmasin AKP Reza Ma'ruffi SH Sik di Banjarmasin, Sabtu.

Dia menjelaskan, untuk menjaga keamanan di pelabuhan, anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Polresta Banjarmasin melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan pemudik yang ingin masuk ke dalam terminal penumpang menggunakan sistem X-ray.

"Pemeriksaan ini kami lakukan kepada para pemudik yang mau naik ke kapal dan itu dilakukan agar pemudik aman dan nyaman," katanya.

Pemeriksaan terhadap barang bawaan pemudik melalui X-ray itu rutin dilaksanakan dan petugas yang berjaga pun melakukan secara bergantian.

Untuk itu Polsek KPL mengimbau kepada para pemudik yang melalui Pelabuhan Trisakti jangan membawa barang-barang yang mencurigakan.

Apabila ditemukan barang-barang yang mecurigakan dan menyangkut tindak pidana maka pelaku langsung diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Alat X-ray ditempatkan di depan pintu embarkasi terminal penumpang Banjarmasin, tempat di mana penumpang masuk ke ruang tunggu.

Selama pemeriksaan barang bawaan pemudik hingga saat ini tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan dan mengimbau kepada calon penumpang agar selalu tertib dan nyaman, kata Reza Ma'ruffi. ***2****

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019