Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis Provinsi Riau menyiagakan lima unit kapal penyeberangan Roll on Roll off (Roro) untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 H.

Lima armada kapal penyeberangan ini akan melayani jalur penyeberangan di pelabuhan Air Putih, Kecamatan Bengkalis menuju Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu.

"Kelima armada kapal Ro-Ro penyeberangan yang akan melayani arus mudik, KMP Swarna Putri, KMP Bahari Nusantara, KMP Mulia Nusantara, KMP Mutiara Pertiwi dan KMP Permata Lestari," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edi Imhar, Sabtu.

Menurut Djoko, diperkirakan lonjakan arus mudik untuk balik kampung ke Pulau Bengkalis, pada Rabu 29 Mei 2019. Mulai tanggal 30 Mei 2019, sudah mulai libur.

“Begitu terjadi lonjakan kendaraan tinggi, maka seluruh armada akan dioperasikan. Namun jika sifatnya masih normal, kita turunkan empat unit armada roro. 1 unit Roro sifatnya standby guna perawatan,” ungkap Djoko.

Setiap harinya RoRo bakal beroperasi dari pukul 06.30 WIB hingga 24.00 WIB. Jika antrian masih panjang, operasinya akan ditambah hingga pukul 02.00 WIB dini hari dan semua roro akan beroperasi.

Sementara itu, sejumlah warga pengguna jasa penyeberangan Ro-Ro Air menyambut baik penambahan armada roro. Untuk memaksimalkan pelayanan jasa penyeberangan, warga berharap agar pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis dapat memaksimalkan pelayanan saat antrian.

“Kita semua tahu, saat arus mudik sudah dipastikan terjadi antrian panjang kendaraan. Nanti saya minta agar tidak lagi ada yang menerobos antrian. Kadang ada juga yang nakal menerobos antrian sehingga orang lain jadi marah,” harap Erwinsyah.

Baca juga: Luhut anjurkan pemudik gunakan kapal RORO

Baca juga: ASDP Merak siapkan 58 kapal roro

 

Pewarta: Alfisnardo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019