Banyumas (ANTARA) - Wakil Bupati Banyumas, Jawa Tengah, Sadewo Tri Lastiono menilai kemacetan arus kendaraan di sejumlah ruas jalan di daerahnya yang terjadi setiap Lebaran sudah menjadi tradisi.

"Kalau kemacetan setiap Lebaran kan memang sudah menjadi tradisi. Kalau enggak macet ya enggak Lebaran," katanya di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Wabup mengatakan hal itu kepada wartawaan saat mengunjungi Pos Pengamanan Terpadu Operasi Ketupat Candi 2019 di simpang SPBU Ajibarang dalam rangkaian kegiatan pemantauan jalur mudik dan Pospam Lebaran 2019 bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Banyumas.

Kendati demikian, dia mengharapkan kemacetan yang terjadi pada Lebaran 2019 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kita sudah siapkan posko-posko semacam ini untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia memberikan apresiasi kepada sejumlah organisasasi kemasyarakatan yang terlibat di beberapa posko.

Disinggung mengenai jalur alternatif di Kabupaten Banyumas, dia mengatakan secara umum sudah siap dilalui pemudik karena kondisinya telah bagus dan halus.

"Ada yang diusulkan agar ke depan dilebarkan tetapi bertahap, mengingat kemampuan karena (ruas) jalan kabupaten," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisari Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun mengatakan pihaknya telah menyiapkan 17 pospam, masing-masing berisi personel Polri, TNI, dan beberapa elemen masyarakat lainnya.

Menurut dia, seluruh pihak yang tergabung di pospam akan saling bekerja sama agar bisa memberikan rasa aman dan nyaman serta menjaga kelancaran arus lalu lintas.

"Terkait dengan kemacetan, kita berupaya membuat Tim Raicet (Tim Urai Kemacetan). Apabila ada titik-titik yang kita anggap macet, kita langsung terjunkan tim tersebut untuk bisa mengurai agar jangan sampai penumpukannya terlalu lama," katanya.

Sementara dari pantauan ANTARA di sepanjang ruas jalan Pekuncen hingga Ajibarang yang merupakan penghubung jalur pantura dengan jalur selatan Jateng, arus kendaraan yang datang dari arah Jakarta/Brebes pada Rabu (29/5) masih terlihat landai.

Sebelumnya, Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamum memperkirakan puncak arus mudik di wilayah Kabupaten Banyumas akan berlangsung pada H-4 hingga H-3 Lebaran, sedangkan puncak arus balik pada H2+4 hingga H2+5 Lebaran.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019