Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, memberikan paket lebaran berupa minyak goreng dan tepung masing-masing 1 kilogram serta uang tali asih sebesar Rp420 ribu kepada petugas kebersihan di kota itu.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Senin, mengatakan, pembagian tali asih dan paket lebaran bagi  petugas harian lepas(PHL) kepada petugas kebersihan ini rutin digelar setiap tahunnya.

Ia menjelaskan, mulai petugas bagian penyapu jalan, pengangkut sampah, pengawas sampah, petugas penjaga Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hingga petugas yang bertugas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) diberikan paket lebaran dan uang tali asih tersebut.

"Bantuan ini kita himpun dari Bank Kalbar, PT Wilmar, Semen Holcim, Rumah Sakit Kharitas Bhakti, SPBU Kota Baru dan Bank Pasar," ujarnya.

Ia berharap para petugas kebersihan tetap semangat karena mereka adalah pahlawan lingkungan di lapangan.

"Saya berharap mereka tetap semangat dan ikhlas sehingga bisa membantu Kota Pontianak tetap bersih," kata Edi.

Menjelang dan memasuki hari H Idul Fitri, dimana terjadi lonjakan volume sampah, ia mengingatkan kepada DLH Kota Pontianak untuk mensiasati agar sampah-sampah yang ada bisa ditangani secara optimal.

"Saya maunya Kota Pontianak harus tetap bersih, terus lakukan pemantauan warga yang tidak disiplin membuang sampah," katanya.

Sementara itu, Abdul Hadi (33), salah seorang dari 674 Petugas Harian Lepas (PHL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak merasa senang setelah menerima tali asih dan paket lebaran tersebut.

"Alhamdulillah bantuan ini setidaknya bisa meringankan beban kami untuk merayakan Idul Fitri," ujarnya.

Sebagai petugas penyapu jalan, Abdul Hadi mengaku bersyukur karena ada peningkatan bantuan dari tahun sebelumnya.

"Ada peningkatan, tahun lalu Rp300 ribuan, sekarang meningkat menjadi Rp400 ribuan lebih," kata ayah dari tiga anak ini.
 

Pewarta: Andilala
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019