Kita juga tahu aparat keamanan sudah siap (mengamankan), jadi Insya Allah tidak ada dampak.
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) optimistis situasi politik yang terjadi di Indonesia khususnya terkait aksi demonstrasi di Jakarta tidak akan berdampak pada sektor pariwisata.

"Tadi memang banyak pertanyaan, kan, itu sudah biasa ketika selesai pemilihan, sekarang lagi demokrasi. Saya meyakinkan kepada wisatawan bahwa Indonesia aman. Dan saya optimistis tidak akan berpengaruh," ujar Ketua Umum Asita Nunung Rusmiati dihubungi melalui sambungan telepon di Jakarta, Rabu.

Nunung menyatakan bahwa aksi massa yang terjadi masih bisa dikendalikan oleh aparat keamanan. Oleh karena itu, efeknya juga tidak besar untuk sektor pariwisata.

Ia mengklaim ketegangan politik seusai pemilihan merupakan hal yang pasti terjadi. Kondisi itu hanya terjadi secara sesaat sehingga dipercaya tidak akan mempengaruhi kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Kita juga tahu aparat keamanan sudah siap (mengamankan), jadi Insya Allah tidak ada dampak," kata dia.

Menurut dia, Asita memiliki 7.000 anggota agen perjalanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini belum ada laporan perihal dampak situasi politik terhadap kedatangan wisatawan.

Disinggung mengenai penetapan hasil perhitungan suara oleh KPU yang memenangkan petahana, kata dia, pelaku pariwisata bisa menciptakan iklim sesuai regulasi yang sudah diambil pemerintah sebelumnya.

Kondisi tersebut memberikan keberlanjutan pada program-program dan kebijakan terdahulu serta mengevaluasi pekerjaan yang sebelumnya dianggap belum optimal.

"Kami selalu mengikuti (kebijakan) pemerintah. Anggota kita 7.000 pelaku usaha pariwisata harus bersinergi dan kita sudah siap siapapun pemimpinnya," kata dia.

Meski optimistis sektor pariwisata tidak terkena dampak situasi politik, ia berharap kondisi keamanan pasca pengumuman resmi KPU segera kondusif dan tidak bertahan lama sebab, kondisi keamanan dan politik dalam negeri menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Kita harus buktikan bahwa demonstrasi aman karena dengan situasi aman ini wisatawan tidak akan takut datang, terlebih Indonesia besar, pariwisata banyak pilihan," kata dia.

 

Pewarta: Ahmad Wijaya dan Asep Firmansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019