KSOP Ternate siagakan posko angkutan laut jelang Lebaran

KSOP Ternate siagakan posko angkutan laut jelang Lebaran

Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba saat mengecek armada laut di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate menyiagakan posko angkutan laut lebaran dengan memantau berbagai fasilitas dan sistem komunikasi dalam memberikan jaminan kenyamanan selama arus mudik lebaran tahun 2019.

"Kami akan memberikan jaminan selama arus mudik hingga arus balik lebaran Idul Fitri kepada warga di Malut," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Taher Laitupa di Ternate, Rabu.

Sebelumnya, ratusan personel gabungan menggelar apel siaga posko angkutan laut lebaran tahun 2019 yang dipusatkan di pelataran Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Menurut dia, posko angkutan laut lebaran ini akan berada di empat titik seperti di Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Dufa-Dufa dan Pelabuhan Bastiong Kota Ternate.

Selain itu, posko yang dibangun nanti akan menempatkan personel dari berbagai instansi guna mendukung kenyamanan bagi para pemudik yang datang dari berbagai daerah.

Dia menyatakan, apel siaga yang dihadiri berbagai institusi seperti Dishub Malut, Basarnas, Polairud, PT ASDP, PT Pelni, Kantor Bea Cukai dan Pertamina akan meningkatkan soliditas antar-petugas dalam memberikan  jasa pelayaran selama arus mudik berlangsung.

Taher menambahkan, tujuan dari penyelenggaraan angkutan laut selama arus mudik hingga arus balik nanti adalah untuk memberikan suasana yang tertib, aman, nyaman dan selamat.

Sementara itu, Kantor Unit Pelaksana Bandara Udara (UPBU) Kepala UPBU Kelas II Bandara Sultan Babullah, juga membuka posko angkutan lebaran untuk memberi pelayanan bagi para penumpang dari dan ke bandara itu.

Kepala UPBU Kelas II Bandara Sultan Babullah Ternate, Hairul Umam ketika dihubungi sebelumnya mengatakan, posko angkutan lebaran 1440 H rencananya dibuka 19 Mei hingga 9 Juni 2019 sebagai upaya memberikan kenyamanan bagi penumpang saat mudik nanti.

Menurutnya, pihaknya membentuk Posko terpadu angkutan udara lebaran 2019 guna mengantisipasi lonjakan arus penumpang menggunakan transportasi udara jelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Posko yang dibentuk tersebut merupakan tindak lanjut Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara tentang pelaksanaan angkutan udara lebaran tahun 2019.

Selain itu, dalam posko terpadu angkutan udara lebaran yang dibentuk di bandara Sultan Babullah Ternate dengan melibatkan berbagai unsur tidak saja personil dari Bandara Sultan Babullah Ternate, tapi juga diantaranya personel KPPP Bandara Sultan Babullah Ternate serta komunitas air lines atau penerbangan.
 
Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019