Cakra 19 Papua sampaikan selamat buat Jokowi-Ma'ruf

Cakra 19 Papua sampaikan selamat buat Jokowi-Ma'ruf

Tim Cakra 19 Papua ucapkan selamat untuk Jokowi-Ma'ruf yang meraih suara terbanyak dalam Pilpres 2019. (Dokumen pihak ketiga)

Jayapura (ANTARA) - Tim Cakra 19 Papua menyampaikan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf atas perolehan suara dalam pemilu 2019 sebagaimana rekapitulasi nasional penghitungan suara Pilpres yang diumumkan oleh KPU RI di Jakarta.

"Kami dari Cakra 19 Papua, menyampaikan selamat atas pencapaian, terpilihnya kembali Pak Jokowi yang didampingi Pak Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden dalam pemilu 2019," kata sekretaris Cakra 19 Papua Victor Abraham Abaidata saat berada di area perbatasan RI-PNG, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Menurut dia, kemenangan Jokowi merupakan kemenangan segenap rakyat Indonesia termasuk di Papua, sehingga hal tersebut patut diapresiasi secara positif, tanpa berbuat hal yang negatif.

"Kemenangan ini menjadi impian rakyat Indonesia, terutama kami di Papua. Oleh karena selama kepemimpinan Jokowi telah banyak berbuat bagi rakyat Papua," katanya.

Kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf di Provinsi Papua, kata dia, telah mencapai lebih dari 90 persen sehingga hal itu menjadi sejarah tersendiri bagi orang yang ada di Bumi Cenderawasih.

"Yang perlu dicatat adalah kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Papua karena kerja, kerja, dan kerja selama 5 tahun. Masyarakat Papua merasa berkewajiban untuk harus memenangkan beliau kembali," katanya.

Untuk itu, Victor mengajak segenap masyarakat yang ada di provinsi paling timur Indonesia itu agar tidak terprovokasi dengan gerakan-gerakan inkonstitusional terkait dengan Pilpres 2019.

"Harapannya kita di Papua melihat hal ini dengan bijak, terkait persoalan pilpres ada jalur yang elegan dengan cara menempuh jalur hukum, sehingga tidak mencedarai demokrasi yang telah terjaga dan terbentuk," katanya.

Victor menilai sosok Prabowo dan Sandiaga Uno merupakan sosok negarawan yang lebih paham soal demokrasi sehingga diharapkan memberikan sambutan yang sejuk soal hasil pemilu 2019.

Sementara itu, salah satu tokoh adat asal Kampung Tobati, Kota Jayapura mengapresiasi keberhasilan Jokowi meraih suara terbanyak di Papua dan akan segera dilantik untuk menjadi Presiden periode 2019-2024.

"Kami punya harapan besar kepada Pak Jokowi, yang selalu datang dan melihat kami orang asli Papua. Kami berharap bapak Jokowi bisa sering datang ke Papua untuk melanjutkan pembangunan, terutama di bidang pendidikan guna peningkatan SDM khususnya Orang Asli Papua dan peningkatan ekonomi," katanya.
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019