Pihak perusahaan pelayaran harus tetap berpedoman kepada petunjuk pelayaran dan mengutamakan keselamatan penumpang,
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun mengingatkan perusahaan pelayaran yang melayani angkutan mudik lebaran 1440 Hijriah senantiasa memantau perkembangan cuaca sebelum berlayar.

Ia di Tanjungpinag, Selasa, meminta perusahaan pelayaran tidak memaksakan tetap berlayar ketika menghadapi kondisi cuaca buruk. Apalagi saat ini memasuki musim angin Barat, sehingga semua pihak perlu waspada. "Pihak perusahaan pelayaran harus tetap berpedoman kepada petunjuk pelayaran dan mengutamakan keselamatan penumpang," tambahnya.

Selain itu, mantan Bupati Kabupaten Karimun ini juga mengimbau kepada penyedia jasa transportasi laut supaya tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang tersedia. Karena dapat mengancam keselamatan penumpang.

"Apabila kami temui di lapangan nanti. Siap-siap akan ada sanksi untuk perusahaan pelayaran yang bersangkutan," lanjutnya.

Nurdin juga berharap, perusahaan pelayaran dapat menambah rute pelayaran antar pulau se-Kepri jelang Hari Raya Idul Fitri.

Dia menginginkan seluruh warga setempat yang akan melaksanakan mudik lebaran dapat terlayani dengan baik.

"Kita mengharapkan warga yang akan mudik lebaran terangkut semua. Tentunya juga harus dijamin kenyamanan, keamanan dan keselamatannya," sebut Nurdin.



 

Pewarta: Ogen
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019