Jakarta (ANTARA) - Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, memiliki strategi berbeda untuk memasarkan produknya di Indonesia, yakni dengan memasarkan ban berukuran 17 inci ke atas.

National Sales Manager PT Hankook Tire Indonesia, Apriyanto Yuwono mengatakan bahwa pasar ban berukuran 14 inci dan 15 inci sudah terlalu ketat, sehingga pihaknya memilih opsi ukuran yang lebih besar, sejalan dengan lini produk yang mereka jual secara global.

"Kami fokus ke ring 17 inci ke atas karena secara global pilihannya pada ukuran 17 inci ke atas. Meski demikian, di Indonesia mayoritas kendaraan adalah MPV dan LCGC dengan ukuran 14-15 inci, kami akan tetap layani untuk itu," kata Apriyanto dalam keterangannya, Selasa (14/5) malam.

"Pasar di segmen fast moving terlalu ketat, jadi kami main ke pasar 17 inci ke atas, melalui produk Ventus untuk sedan atau SUV misalnya," tambah dia.

Kendati demikian, Apriyanto memastikan bahwa Hankook dapat melayani kebutuhan ban di Indonesia dengan berbagai macam model karena pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat, telah mengekspor berbagai model ban ke banyak negara.

"Ekspor kami 92 persen, sisanya untuk pasar Indonesia 8 persen. Ekspor kami mayoritas ke Eropa, Amerika juga Asia," kata dia.

Adapun salah satu produk andalan dan terbaru dari Hankook adalah Kinergy Eco2 yang dijual mulai Rp600 ribu yang bisa digunakan berbagai kendaraan di segmen LCGC, MPV hingga SUV.


Baca juga: Hankook luncurkan lima varian ban baru di Indonesia

Baca juga: Manfaat merotasi ban mobil

Baca juga: Cara jaga kondisi ban pada mobil yang jarang dipakai
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019