Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung akan menyediakan penukaran uang di pusat-pusat keramaian, salah satunya di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Selain menyediakan layanan penukaran uang seperti biasa jelang Idul Fitri 2019 di Pelabuhan Bakauheni. Kami juga menyediakan penukaran uang di dermaga eksekutif," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan layanan penukaran uang tersebut guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2019.

Ia menjelaskan selain di Pelabuhan Bakauheni,  juga menyediakan layanan penukaran uang d tempat keramaian lainnya, yakni Bandara Raden Inten, Lapangan Korpri Pemprov Lampung, pada 27 hingga 29 Mei 2019.

Pihaknya telah menyiapkan Rp5 triliun uang pecahan besar dan uang pecahan kecil untuk kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019.

Ia menyebutkan BI Lampung dalam melakukan pelayanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat akan menugaskan pegawai yang beridentitas jelas.

Selain itu, juga dibantu oleh petugas dari satuan pengamanan untuk menjaga agar kegiatan pelayanan dapat dilakukan dengan tertib dan aman.

Budi menambahkan untuk pemerataan dan kelancaran dalam proses penukaran bersama seperti di Lapangan Korpri Pemprov Lampung, pada 27 hingga 29 Mei 2019, BI menyediakan paket penukaran senilai Rp4,4 juta terdiri atas pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, dan Rp2 ribu.

"Apabila diperlukan jumlahnya akan ditambah sesuai dengan kondisi atau perkembangan yang ada," tambahnya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019