Purwokerto (ANTARA) - Proses rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berlangsung kondusif, kata Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono.

"Saya kira sudah kondusif, ya, dari hasilnya semua saksi tadi sudah setuju, tidak ada yang tidak mau tanda tangan, baik untuk pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jateng, maupun DPRD Kabupaten Banyumas. Sesuai dengan slogan yang dahulu diviralkan 'kabeh peseduluran' (semua bersaudara, red.)," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (3/5) malam.

Wabup mengatakan hal itu kepada wartawan usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat KPU Kabupaten Banyumas yang digelar di Aula KPU Kabupaten Banyumas.

Karena pelaksanaan pemilu sudah selesai, dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama kembali membangun Banyumas dan Indonesia.

"NKRI, Pancasila tetap harga mati," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihak yang menang dalam pemilu harus melakukan pendekatan kepada pihak yang kalah di tingkat daerah hingga pusat. Bahkan,  Calon Presiden RI Joko Widodo yang sementara ini menang dalam Pilpres 2019 berdasarkan quick count juga sudah melakukan pendekatan.

"Terakhir kalau tidak salah tadi Mas Agus AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) sudah datang ke tempat Pak Jokowi, diundang, diskusikan. Pada satu saat pasti nanti akan bertemu dengan Pak Prabowo karena kedua adalah putra terbaik bangsa," kata dia yang juga Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Banyumas.

Ia yakin kedua calon presiden itu sama-sama mempunyai pemikiran untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR) dan Pancasila.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun mengatakan bahwa rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara pada Jumat (3/5) malam berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

"Saksi menerima dan tadi disampaikan juga tidak ada permasalahan-permasalahan yang berarti. Jadi, semua berjalan dengan sukses rangkaian pesta demokrasi di Banyumas. Besok, kami dari Polri dan TNI melakukan pengawalan ke KPU Provinsi Jateng sehingga semua termonitor bersama-sama dengan KPU dan Bawaslu," katanya.

Seperti diwartakan, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat KPU Kabupaten Banyumas di Aula KPU Kabupaten Banyumas, Jumat (3/5) malam, pasangan Joko Widodo/Ma'ruf Amin meraih 792.150 suara atau 74,26 persen, sedangkan pasangan Prabowo Subianto/Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh 274.618 suara.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019