Padang, (ANTARA) - Calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh perlu dihadirkan pembangunan ekonomi yang kuat sehingga nantinya akan muncul banyak lapangan kerja.

Ditanya wartawan usai memberikan arahan pada pelatihan Oke-Oce untuk generasi milenial tentang masih minimnya kesejahteraan buruh di sebuah kafe di Padang, Rabu, Sandi menegaskan tugas Pemerintah dan masyarakat sangat berperan dalam menciptakan lapangan kerja yang berkualitas.

Ia menyatakan akan mendorong tumbuhnya wirausaha baru di bidang manufaktur, pertanian, swasembada pangan, energi dan lainnya yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Untuk itu, buruh juga harus mampu juga menjadi wirausaha skala kecil. Usaha kecil kini sangat berperan dalam menunjang ekonomi nasional.

Bahkan pemilik usaha Saratoga investment saat ditanya seorang karyawan sebuah BUMN tentang kegalauannya untuk menjadi wirausaha saat kegiatan pelatihan, menegaskan untuk mengambil risiko bila sudah memiliki rencana bisnis yang matang. "Kalau sudah punya tekad dan prospek usahanya bagus, kalau sudah siap ambil keputusan, bisa aja nanti satu tahun sudah sukses," jelas Sandi.

Ia minta agar pekerja dan generasi milenial bisa jadi pemain dalam mengembangkan usaha kecil menengah dan bukan hanya jadi penonton saja. "Saya berkeinginan agar ke depan kesejahteraan buruh lebih baik dan meningkat," harapnya.

Pewarta: Maswandi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019