Dugaan penipuan, Kejaksaan tinggi Kamboja resmi ajukan gugatan hukum terhadap jajaran pemimpin J Trust

TOKYO--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Kejaksaan Tinggi Phnom Penh, Kamboja, menggugat Nobuyoshi Fujisawa, direktur J Trust Asia Pte. Ltd (JTA), anak usaha J Trust Co., Ltd. di Singapura, Nobiru Adachi, pejabat legal JTA, dan Gwynn David Nevill Hopkins, President Saronic Holding Ltd, dengan tuduhan persekongkolan untuk melakukan penipuan terhadap seorang warga negara Kamboja, Tep Rithvit. Kejaksaan Tinggi Phnom Penh telah melakukan investigasi dan, pada akhirnya, mengajukan gugatan pidana terhadap ketiga terduga. Kasus ini bermula pada tanggal 12 April ketika adanya pemberitaan dari 'Asia Sentinel', yang mengakibatkan Wedge Holdings Co., Ltd mendapatkan banyak pertanyaan atas pemberitaan ini. Untuk itu, Wedge Holdings Co., Ltd ingin melakukan klarifikasi atas pemberitaan tersebut. *1

Nobuyoshi Fujisawa, Nobiru Adachi, dan Gwynn David Nevill Hopkins diduga bersekongkol untuk menggelapkan 100 persen kepemilikan perusahaan dengan nama Pacific Opportunities Holdings S a r l (POH) dan mengambil alih serta menghentikan operasi seluruh anak usaha POH. Tindakan diatas melanggar pasal 377 dan 378 KUHP Kerajaan Kamboja.

Tindakan tersebut merupakan suatu bentuk kejahatan yang dilakukan di Phnom Penh dan tindakan tersebut melanggar pasal 377 (Praktik Penipuan) dan 378 (Hukuman penjara 2-5 tahun dan denda) KUHP Kerajaan Kamboja. Prosedur yudisial lebih lanjut tengah dikembangkan. Sementara itu, proses investigasi juga masih berjalan. Jaksa Penuntut Umum Kamboja telah meminta pihak pengadilan tinggi agar ketiga tersangka mendapatkan pengawasan yang ketat.

Tindakan penipuan mereka mempengaruhi perusahaan-perusahaan klien Group Lease Holdings PTE. LTD. (GLH) dan mengganggu aktivitas penagihan hutang dari perusahaan-perusahaan kliennya. GLH juga menganggap ketiga tersangka dan J Trust mengganggu jalannya proses hukum. Oleh karena itu, kami meyakini fakta bahwa ketiga tersangka telah didakwa oleh Kejaksaan Tinggi merupakan progres yang signifikan baik dari segi tuntutan hukum dan proses penagihan hutang. Group Lease PCL akan secara cermat mengawal kasus ini dan berupaya memperoleh kompensasi atas segala kerugian akibat tindakan penipuan mereka, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang dirugikan oleh grup J Trust di Singapura, Jepang, Thailand, Kamboja, Hong Kong, dan negara lainnya. Kami akan bekerja keras untuk memaksimalkan nilai kepemilikan saham kami.

Kami akan terus memberitakan jika ada progres terbaru.

j*1 Asia Sentinel 12/April/2019 Japanese Conglomerates Officials Threatened with Cambodia Arrests
https://www.asiasentinel.com/econ-business/jtrust-officials-threatened-cambodia-arrests/

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20190425006069/en/

Kontak
Wedge Holdings Co., Ltd.
(Code 2388 JASDAQ Securities Exchange)
Contact PIC: Yasuhiro Kotake
Tel: +81-3-6225-2207
E-mail: wedge-ir@wedge-hd.com

Sumber: Wedge Holdings Co., Ltd.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019