Kami juga sudah menyepakati untuk memulai proses pembuatan kapal pada 23 April nanti
Makassar (ANTARA) - PT Industri Kapal Indonesia (IKI) dan PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS) berduet menggarap kapal untuk PT Pelindo I.

Direktur Utama PT IKI Edy Widarto dikonfirmasi dari Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, mengatakan sudah melakukan kesepakatan dan kini mulai fokus dalam rencana pembuatan kapan milik Pelindo I itu.

"Saya sekarang berada di Surabaya untuk mematangkan persiapan dan koordinasi dengan PT Dok dan Perkapalan Surabaya," katanya.

Ia menjelaskan baik PT IKI Makassar maupun PT Dok dan Perkapalan Surabaya sudah menyepakati pembuatan kapal akan dipusatkan di Surabaya, Jawa Timur.

Keputusan memusatkan pembuatan di satu lokasi, kata dia, agar tim tidak harus bolak-balik Surabaya dan Makassar, yang justru akan memperlambat waktu penyelesaian kapal.

"Kami juga sudah menyepakati untuk memulai proses pembuatan kapal pada 23 April nanti. Minta doanya agar proses pembuatan kapal berjalan lancar dan aman," ucapnya.

Edy Widarto mengatakan ada dua kapal yang dipesan pihak Pelindo I. PT IKI dan PT Dok dan Perkapalan Surabaya akan mengerjakan satu-satu dan diharapkan sudah bisa dirampungkan pada awal 2020.

"Untuk pengerjaan akan dimulai pada 23 April mendatang. Kami targetkan bisa selesai pada awal tahun depan. Kami terus fokus merampungkan persiapan sebelum pengerjaan," ujarnya.

Baca juga: Bidik investor, Kemenhub akan jadikan lima pelabuhan bebas korupsi

Baca juga: 18 kawasan industri luar Jawa berpotensi serap investasi Rp250 triliun

Baca juga: Pemerintah bedah 1.200 rumah agar layak huni di Pandeglang


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019