Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemekominfo) RI menampilkan hasil kreasi anak bangsa dalam bidang telekomunikasi, yakni teknologi hologram kepada warga Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Teknologi hologram ini digunakan Kemenkominfo RI untuk sosialisasi capaian kinerja pemerintah dalam kurun empat setengah tahun," kata Perwakilan Sekretariat Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Veri Radian Wicaksono di Sukabumi, Rabu.

Penampilan hasil karya anak bangsa di Sukabumi sudah dilakukan di beberapa titik seperti Cicurug, Cibadak, Surade, Kabupaten Sukabumi dan terakhir di Taman Digital Kota Sukabumi.

Sementara, tokoh masyarakat Kota Sukabumi Bagus Pekik mengatakan dengan adanya sosialisasi dengan menggunakan alat canggih karya anak bangsa yang ditampilkan Kemenkominfo RI ini masyarakat bisa mengetahui secara utuh apa saja program dan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla selama kurun waktu empat tahun terakhir ini.

Bahkan, pihaknya mengapresiasi Kemenkominfo dan pemerintah pusat yang terus meningkatkan kualitas teknologi komunikasi seperti hologram ini, sehingga masyarakat seakan bisa berkomunikasi langsung dengan presiden seperti di dunia nyata.

Namun yang terpenting dari program sosialisasi ini, selain teknologinya juga untuk memberantas keberadaan hoax, ujaran kebencian dan sejenisnya tentang pemerintahan, sehingga dengan adanya sosialisasi tersebut masyarakat tahu persis apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat.

"Selama ini masyarakat khususnya kaum milenial yang menggunakan smartphone menerima informasi setengah-setengah tentang capaian kinerja, apalagi banyak disuguhi berita hoax di media sosial. Dengan adanya program ini diharapkan bisa mendapatkan informasi yang sesungguhnya," tambahnya.

Sementara, warga milenial Rangga mengatakan tentunya bagi kaum milenial sosialisasi seperti ini sangat penting, apalagi banyak usia produkrtif yang menggunakan gadget namun sayang terpapar hoax atau ujaran kebencian.

Melalui teknologi ini tentunya bisa membantu dan menjelaskan yang sebenarnya apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini.

"Ternyata selama empat tahun dipimpin Presiden Jokowi, Indonesia berkembang lebih pesat dan bisa disejajarkan dengan negara maju lainnya khususnya dalam bidang teknologi," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019