KBRI, MIKTA rayakan hari autisme dunia di Addis Ababa

KBRI, MIKTA rayakan hari  autisme dunia di Addis Ababa

Kedutaan Besar RI (KBRI) bersama Kedutaan Besar negara-negara anggota MIKTA (Mexico, Indonesia, Korea, Turki dan Australia) di Addis Ababa, Ethiopia, merayakan Hari Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day) 2019 pada 2 April. (KBRI Addis Ababa)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI (KBRI) bersama Kedutaan Besar negara-negara anggota MIKTA (Mexico, Indonesia, Korea, Turki dan Australia) di Addis Ababa, Ethiopia merayakan Hari Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day) 2019 yang jatuh pada tanggal 2 April.

“Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi negara-negara MIKTA untuk mendorong kesadaran masyarakat akan autisme dan mendukung dipenuhinya hak anak dengan autisme di Ethiopia”, kata Duta Besar Indonesia, Al Busyra Basnur disela-sela perayaan Hari Autisme Sedunia tersebut.

Sesuai perayaan dengan tema “Light it up Blue”, Ia bersama Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP), Wenny Busyra beserta staf KBRI Addis Ababa mengenakan busana bernuansa biru pada hari itu.

KBRI Addis Ababa juga memasang spanduk besar di depan kantor bertuliskan “Show Your Support for Autism Day 2019” sebagai bagian dari sosialisasi pentingnya kesadaran dan kepedulian terhadap autisme di kalangan masyarakat Ethiopia.

Spanduk di depan KBRI Addis Ababa itu disaksikan oleh ribuan masyarakat kota Addis Ababa yang melintas di depan kantor KBRI Addis Ababa.

Belum ada data pasti jumlah anak dengan autisme di Ethiopia, namun diperkirakan terdapat 600.000 anak dengan autisme dan hanya kurang dari 300 anak yg memperoleh kesempatan untuk menjalani pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan masih minimnya fasilitas bagi anak dengan autisme, serta kurangnya informasi dan pengetahuan tentang autisme yang dimiliki orang tua dengan anak autisme.

Pada hari yang sama, Kedutaan Besar negara-negara MIKTA di Addis Ababa juga mendominasi dan mendekorasi Kedutaan Besar mereka dengan warna biru, sesuai dengan tema peringatan. Perayaan Hari Autisme Sedunia ini dirayakan setiap tahun.
Pewarta : Fardah
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019