Bengkulu (ANTARA) - Seorang petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Jumat sore sekitar pukul 16.30 WIB menemukan granat tangan jenis manggis yang diduga masih aktif di bak penampungan sampah di kawasan Pasar Atas Curup.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Budi Wirman melalui Pasi Intel Kapten Cba Afrizal mengatakan, granat manggis ini ditemukan oleh Rasman (40) petugas honorer DLH Rejang Lebong saat membersihkan sampah yang berserakan di dekat bak penampungan sampah yang berada di kawasan Pasar Atas RT 02 RW 01, Kelurahan Pelabuhan Baru.

"Granat ini ditemukan oleh yang bersangkutan saat membersihkan sampah di sekitar bak penampung sampah Pasar Atas, di mana granat itu berada di tumpukan sampah kemudian dipindahkan ke dalam bak penampungan sampah," ujarnya.

Setelah tidak lama menemukan granat itu, tambah dia, melintas anggota Kodim 0409/Rejang Lebong dan Rasman langsung melaporkan benda temuannya itu sehingga kemudian dirinya bersama dengan anggota Intel dan Babinsa mengamankan lokasi penemuan granat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Granatnya sudah kami evakuasi dan serahkan kepada petugas Denpal Curup, karena kalau disana bisa berbahaya bagi warga setempat. Ini kemungkinan dibuang oleh seseorang yang tidak berani untuk menyerahkan granat tersebut ke pihak yang berwenang," tambah dia.

Sementara itu, Aan (37) salah seorang pedagang di kawasan Pasar Atas yang posisinya tokoknya tidak jauh dari lokasi penemuan granat mengatakan, dirinya sempat kaget saat ada petugas TNI yang datang mengamankan granat di dalam bak penampungan sampah di wilayah itu.

"Kami sempat kaget begitu tahu ada petugas kebersihan yang menemukan granat saat lagi turun hujan, tapi tidak lama kemudian granatnya langsung di bawa anggota TNI ke Kodim," urainya.
 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019