Ruangan khusus itu untuk merawat caleg gagal yang kejiwaannya terganggu untuk memulihkan psikologisnya. Di ruang jiwa ituterdapat ruangan untuk observasi, isolasi dan rawat.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Jawa Barat atau lebih dikenal dengan RSUD Bunut menyiapkan ruangan khusus bagi calon anggota legislatif (caleg) yang kejiwaannya terganggu  akibat gagal pada Pemilihan Umum 2019.

"Ruangan khusus itu untuk merawat caleg gagal yang kejiwaannya terganggu untuk memulihkan psikologisnya. Di ruang jiwa itu terdapat ruangan untuk observasi, isolasi dan rawat," kata Ketua Tim Penanganan Informasi dan Keluhan RSUD R Syamsudin SH Wahyu Handriana di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, ruang atau bangsal jiwa ini untuk memberikan pelayanan kepada caleg yang bisa saja depresi saat menerima bahwa dirinya tidak terpilih menjadi anggota legislatif periode 2019-2024 mendatang.

Selain itu, pihak rumah sakit juga akan merahasiakan identitas caleg gagal yang mengalami gangguan kejiwaan dan menjalani perawatan di rumah sakit milik Pemerintah Kota Sukabumi tersebut.

Pelayanan yang diberikan baik untuk gangguan jiwa ataupun secara fisik jika diagnosisnya kejiwaan. Perawatan yang diberikan pun disesuaikan dengan kondisi kejiwaan caleg tersebut.

"Dalam memberikan perawatan kami sudah menyiapkan sembilan perawat, khusus yang menanani kejiwaan dan tentunya dokter ahli kejiwaan pun sudah disiapkan," tambahnya.

Wahyu mengatakan meskipun pada pemilu lalu tidak ada caleg gagal yang masuk rumah sakit akibat mengalami gangguan kejiwaan, tetapi pihaknya tetap menyediakan ruang tersebut untuk memberikan pelayanan pemulihan kejiwaan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019