Bekasi (ANTARA) - Dua gol dari Anderson Salles dan Herman Dzumafo berhasil membawa Bhayangkara FC menaklukkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan Grup B Piala Presiden 2019 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Salles dan Dzumafo menorehkan gol masing-masing di menit ke-52 dan 74.

Bhayangkara FC sejatinya tertinggal terlebih dahulu sejak bek Mitra Kukar Achmad Faris mencetak gol di menit ke-10.

Kemenangan ini membuat Bhayangkara untuk sementara memimpin klasemen Grup B Piala Presiden 2019 dengan enam poin, melangkahi pimpinan sebelumnya Bali United yang baru bertanding pada pukul 18.30 WIB, hari yang sama, versus Semen Padang.

Sementara bagi Mitra Kukar, kekalahan tersebut bisa membuat mereka tersingkir dari turnamen jika Bali United menang atau seri di laga kontra Semen Padang.

Dalam pertandingan tersebut, Bhayangkara FC yang tidak diperkuat sembilan pemain andalannya tertekan sejak awal laga.

Mitra Kukar yang tampil tanpa pemain asing di "starting eleven" membuat pertahanan Bhayangkara kocar-kacir. Pasukan "Naga Mekes" pun akhirnya mencetak gol di menit ke-10 melalui sundulan Achmad Faris yang memanfaatkan umpan tendangan sudut.

Setelah itu, Bhayangkara tampil bertahan dan sesekali menyerang. Skor pun tetap 1-0 sampai laga memasuki masa jeda.

Baca juga: Bhayangkara FC tanpa 10 pemain kontra Mitra Kukar di Piala Presiden

Di babak kedua, arus permainan mulai berganti. Bhayangkara tampil lebih menggigit dan membombardir Mitra Kukar terutama dengan serangan-serangan sayap dimana di sana ada Ilham Udin Armaiyn.

Hasilnya, pemain Mitra Kukar terlihat panik sampai Roni Fatahillah melanggar penyerang Bhayangkara Dendy Sulistyawan di kotak penalti.

Anderson Salles maju sebagai algojo dan mengeksekusi penalti itu dengan baik di menit ke-52.

Baca juga: Mitra Kukar tetap waspadai Bhayangkara yang "pincang"

Skor imbang 1-1 membuat Bhayangkara semakin bersemangat. Pelatih klub berjuluk The Guardian itu, Alfredo Vera lalu memasukkan penyerang Herman Dzumafo di menit ke-69 untuk menambah daya gedor.

Keputusannya tidak salah. Di menit ke-74, Dzumafo sukses menghadirkan gol dengan memanfaatkan umpan Rachmad Hidayat.

Skor 2-1 membuat Mitra Kukar terus berupaya menciptakan gol setidak untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, usaha itu tidak membuahkan hasil. Hingga pertandingan usai, kedudukan tetap 2-1 untuk kemenangan Bhayangkara FC.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Mitra Kukar: Gerri Mandagi-pg, Achmad Faris, Roni Fatahilah (80', Gilang Ginarsa) Wiganda Pradika, Zulchrizal Abdul Gamal (61', Mochamad Junda Irawan), Anindito Wahyu (kapten), Atep, Hendra Adi Bayauw (90+2', Muhammad Bahtiar), Muhammad Rafli Mursalim (10'', Musa C. Njie), Rifan Nuhumarury (80', Andre Prakoso), Syahroni.

Bhayangkara FC: Wahyu Tri Nugroho-pg, Anderson Salles, I Putu Gede Juni ANtara, Muhammad Fatchu Rochman, Nurhidayat Haji Haris, Dendy Sulistyawan, Lee Yujun (kapten, 69', Herman Dzumafo), Muhammad Hargianto, Rubens da Silva (80'', Reksa Maulana), Vendry Mofu, Ilham Udin Armaiyn (69', Rahmad Hidayat).

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019